Lihat ke Halaman Asli

Medsos Menjadi Solusi bagi Pengusaha Kuliner di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 25 Januari 2021   17:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan sosialisasi digital marketing bersama pengusaha kuliner melalui door to door

Semarang (23/01/2021) - Akibat adanya pandemi Covid-19, KKN Undip dilakukan secara mandiri atau online dengan mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)". Kegiatan yang dilakukan pada minggu pertama adalah mengurus surat perizinan ke RT dan RW, survei lokasi KKN, penyusunan rencana program kegiatan KKN, dan mempersiapkan materi untuk pelaksanaan program yang pertama. 

Pada minggu kedua mulai melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai digital marketing bagi pelaku UMKM kuliner seperti pemanfaatan media sosial dan pendampingan cara membuat akun medsos. Kegiatan ini dilaksanakan di RW 03 kelurahan Padangsari Kecamatan Banyumanik dilaksanakan mulai tanggal 11 Januari hingga 20 Januari 2021 dengan sistem door to door bersama dengan pengusaha kuliner.  Di tengah pandemi Covid-19 ini semua serba online, salah satunya dalam dunia usaha seperti kuliner. Banyak pengusaha kuliner yang mulai beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran online. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan ekonomi di tengah kondisi yang tidak stabil karena adanya pandemi Covid-19.

Terjadinya pergeseran pemasaran yang semula secara offline kini perlahan-lahan mulai beralih melakukan pemasaran secara online. Hal ini penting dilakukan untuk memperluas daerah pemasaran, tetapi belum banyak pengusaha kuliner yang mengetahui tentang cara menggunakan media sosial sebagai media promosi secara online. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan di atas, kegiatan sosialisasi digital marketing dan pendampingan pembuatan akun medsos untuk UMKM Padangsari RW 03 perlu dilaksanakan. 

Kegiatan sosialisasi digital marketing dilakukan secara door to door, banyak warga yang antusias ingin mendapatkan materi tentang penggunaan sosial media untuk pemasaran online. Pada kegiatan sosialisasi ini juga diselingi dengan latihan mengedit foto menggunakan aplikasi Canva yang mudah digunakan.

Latihan mengedit foto menggunakan aplikasi Canva

Pembuatan satu akun media sosial yaitu Instagram untuk UMKM Padangsari RW 03, akun ini akan digunakan untuk menampung seluruh usaha yang ada di RW 03 kelurahan Padangsari. Harapan dari kegiatan ini adalah pengusaha kuliner dapat memanfaatkan media sosial sebagai media untuk promosi usaha agar pemasaran menjadi luas, volume penjualan meningkat dan menambah jumlah pelanggan sehingga mampu meningkatkan ketahanan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Akun instagram UMKM RW 03 Kelurahan Padangsari Kecamatan Banyumanik

Penulis: Fahida Aprilia Pangesti (Sejarah-Fakultas Ilmu Budaya)

Tim KKN I Banyumanik Universitas Diponegoro Periode 2021

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ir. Yoyok Budi Pramono, S. Pt. M. Si. IPM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline