Lihat ke Halaman Asli

Fahed Syauqi

Cirebon, NGO Enthusiast, CEO Berlin Community, Director of Medcamp, Researcher at Center World Trade Studies UGM

SIAP Jadikan Bahasa Inggris Lebih Mudah

Diperbarui: 12 November 2020   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya sebelum mengenal bahasa inggris kiri paling depan

Salam gaes, gimana kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat amiin. Oh ya gaes event kompasiana atau Mengajar di Kompasiana ini sangat menarik, kreatif dan inovatif. Saya ingin mencoba berbagi tentang bagaimana sih belajar bahasa inggris dengan metode SIAP atau Simple, Amalkan dan Praktekkan. 

Yups sebenarnya sudah banyak sekali cara belajar bahasa inggris di Youtube atau media cetak lainnya. Namun hal ini masih menjadi kendala karena terkadang kita sulit untuk mengakses youtube dan media cetak lainnya dikarenakan kuota yang terbatas. Maka dari itu saya dan teman-teman divisi bahasa membuat ide menarik dari belajar bahasa inggris mudah yakni SIAP atau Simple, Amalkan dan Praktekkan.

Metode SIAP terdiri dari empat bagian yakni Grammar 15 menit, Speaking 15 menit, Listening 15 menit dan Sharing 15 menit. Hal ini dapat membuat kita lebih tertantang karena kita tidak hanya belajar grammar yang biasanya sudah menganggap bahwa inggris itu sangatlah rumit karena struktur bahasanya. 

Metode SIAP sendiri ditutup dengan sharing atau kita belajar tentang proverb atau definisinya ialah A proverb is a brief, simple and popular saying, or a phrase that gives advice and effectively embodies a commonplace truth based on practical experience or common sense. Menurut bahasa, proverb biasa disebut juga kata-kata mutiara atau bijak, dimana kita dapat saling mengambil pelajaran berharga dari kata-kata tersebut. Lalu bagaimana SIAP ini dapat disampaikan ke murid-murid kita?. Yuk langsung saja simak penjelasan berikut ya gaes.

1. Grammar 15 Menit

Grammar merupakan suatu struktur bahasa inggris, dimana grammar terdiri dari tiga bagian perbedaan waktu yakni Present atau Sekarang, Past atau Masa Lampau dan Future atau Masa Depan. Marilah ajak bernyanyi untuk mengenal grammar tersebut. Saya mencoba membuat lagu grammar di youtube dengan lagu-lagu kekinian berikut linknya ya gaes klik disini

Lalu kenapa grammar hanya diberi porsi 15 menit? Karena dalam berkomunikasi yang sangat diperlukan ialah bagaimana kita dapat memahami cara pemakaian kosakata bahasa inggris dalam kehidupan kita. Menurut hasil survey English First (EF) pada tahun 2019, Indonesia menduduki posisi 61 dunia dari 100 negara dalam kecakapan bahasa inggris. Hal ini membuat Indonesia harus dapat menyajikan bahasa inggris yang lebih komunikatif dalam kurikulum di sekolah. Oleh karena itu, jadikanlah bahasa inggris sebagai bahasa yang dapat kita pahami dan senangi.

2. Speaking 15 Menit

Belajar bahasa inggris tidak hanya mengenal kosakata saja, namun  kita harus dapat mengenal bagaimana cara mengucapkan dengan benar atau biasa disebut pronounciation. Pertama kali saya senang dengan bahasa inggris adalah ketika paman saya tidak pernah sama sekali membebani saya dengan grammar. Dia selalu bilang bahwa "just speak up" artinya kurang lebih ngoromng aja dulu nanti juga kamu tau. Sebelumnya saya mengambil kursus bahasa inggris ketika saya berada di bangku SMP. 

Hasilnya bagaimana? Nilai saya tambah jeblok, dimana saya selalu mendapati nilai merah. Kedatangan paman saya membuat bahasa inggris jadi lebih mudah, beliau selalu berbicara bahasa inggris dan bernyanyi bahasa inggris. Pada saat itu saya pernah bertanya kepada beliau "Mang saya ga paham soal ini". Lalu yang beliau berikan hanyalah satu lagu Westlife yakni More than words. Disitulah saya belajar bagaimana memahami bahasa itu harus melalui intuisi hati. Oh ya gaes pada speaking ini biasanya saya menyampaikan tongue twister dan beberapa phrasal verb yang mudah dipahami dalam kehidupan sehari-hari.

3. Listening 15 Menit

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline