Lihat ke Halaman Asli

Kahi dan Qaymar: Tradisi Masyarakat Iraq Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Diperbarui: 11 Juni 2024   06:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://images.app.goo.gl/yYpUsAU6WgBfZE8aA

Idul fitri merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 syawal di setiap tahunnya. Pada momen ini, setiap daerah bahkan setiap negara mempunyai tradisinya masing-masing. Begitu pula di negara Arab satu ini, yaitu Iraq.

Meskipun beberapa tradisi ketika menyambut hari raya idul fitri serupa antara satu negara Arab dengan negara-negara Arab lainnya, tentunya ada beberapa tradisi khusus. Salah satu tradisi masyarakat Iraq adalah menyantap beberapa hidangan, dan yang paling populer adalah kahi dan qaymar( ).

Kahi dan Qaymar merupakan hidangan yang populer di Iraq yang biasa disantap sebagai menu sarapan, terutama ketika menyambut hari raya idul Fitri.

Kahi merupakan makanan sejenis kue, yang terbuat dari tepung terigu, minyak, garam dan air. Makanan ini sekilas terlihat seperti martabak telur, makanan khas Indonesia atau meshaltat (), makanan khas Mesir. Sedangkan qaymar adalah krim kental yang terbuat dari susu sapi, kerbau atau kambing.

https://images.app.goo.gl/DKeHmAqVtoPapZDW6

https://images.app.goo.gl/DNVHfJahtRZa1MYt5

Kedua makanan ini, jika dipadukan sangat disukai masyarakat Iraq. Ketika kahi yang renyah, kemudian dituangkan qaymar yang lembut diatasnya membuat citarasa yang sangat lezat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline