Lihat ke Halaman Asli

Kurangnya Generasi Muda Dalam Mengenal Tokoh-Tokoh Pahlawan Nasional

Diperbarui: 2 Desember 2023   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa Universitas Negeri Malang 

Perkembangan teknologi dan informasi dapat menjadi salah satu faktor penurunan pemahaman tentang para pahlawan nasional. Generasi muda sekarang lebih sering terpaku pada perangkat elektronik mereka, menghabiskan waktu mereka di media sosial dan game online. Alhasil, mereka tidak menghabiskan waktu mereka untuk membaca dan mengetahui tentang tokoh pahlawan nasional tersebut. Hal ini berdampak pada kurangnya apresiasi dan penghargaan terhadap jasa-jasa mereka. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda tentang pahlawan nasional Indonesia. Salah satu cara yang efektif adalah dengan memperluas pelajaran sejarah yang lebih mendalam tentang perjuangan para pahlawan nasional. Sekolah harus memberikan waktu yang cukup bagi para siswa untuk mempelajari biografi tokoh-tokoh pahlawan dan memahami perjuangan mereka secara menyeluruh.

Kelompok 5  Mata kuliah pendidikan kewarganegaraan offering G18 Universitas Negeri Malang menggelar kegiatan Tes Pengetahuan pada salah satu SMP di Kabupaten Malang pada tanggal 25 November 2023. Kegiatan tes ini dilaksanakan melalui platform media online quizizz dengan materi yang berisi tentang pahlawan proklamasi Indonesia dan Presiden Indonesia, dalam tes diketahui bahwa kebanyakan peserta tes mendapatkan hasil yang kurang memuaskan karena pada salah satu pertanyaan mengenai tokoh pahlawan hanya 33% berhasil menjawab, dan rata rata keseluruhan hanya 66% yang bisa terjawab dengan benar.

Pada akhir tes kami memberikan video singkat mengenai biografi para tokoh pahlawan yang diujikan, video tersebut berdurasi 1 menit dan diupload pada media sosial Instagram, video tersebut berisi mengnai nama tokoh, tanggal lahir, pencapaian, tanggal kematian. Dengan menampilkan video singkat tersebut harapannya murid-murid disana semakin mengenal pahlawan nasional yang pernah ada.

Meskipun dalam pelaksanaannya sempat terdapat kesalahan dalam pelaksanaan tes karena kurangnya persiapan, tetapi pada akhirnya pelaksanaan tes bisa berjalan dengan lancar. Semoga melalui pelaksanaan tes dan meberikan video singkat kami berharap generasi muda dapat lebih bisa mengenal para pahlawan karena tanpa mereka kita tidak bisa hidup seperti sekarang.

untuk video bisa dilihat pada media sosial instagram dengan nama akun @pknforyou




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline