Lihat ke Halaman Asli

Kampus Unusa Pembentuk Generasi Rahmatan Lil Alamin yang Segudang Prestasi

Diperbarui: 17 Januari 2021   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Universitas Nahdlatul Ulama’ Surabaya atau UNUSA, yang merupakan perguruan tinggi swasta didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam (YARSIS) dan merupakan kampus islam binaan Nahdlatul Ulama’.  Berawal dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) YARSIS yang didirikan pada tahun 1979 yang kemudian berubah nama menjadi STIKES YARSIS pada tahun 2006, lalu nama Universitas Nahdlatul Ulama’ Surabaya (UNUSA) diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muh. Nuh di tahun 2013.

Slogan yang dimiliki yaitu Rahmatan Lil Alamin yang memiki maknad yaitu keberkahan yang nyata diberikan oleh Allah kepada umatnya. Artinya Unusa mempunya impian untuk melahirkan generasi yang memiliki kasih sayang yang melimpah terhadap semua orang. Kiprah Unusa di masyarakat sudah terlihat melalui sangat jelas melalui pendidikan dan kesehatan.

Dalam perjalanannya Unusa mengalami perkembangan yang pesat. Di usia 4 tahun Unusa sudah diakreditasi Institusi B dan tak hanya itu Unusa sudah memiliki program studi yang berakreditasi A dan B. Unusa memilki 2 kampus, kampus A yang berada di Jl. Smea No. 57, Wonokromo, Surabaya dan kampus yang kedua yaitu kampus B yang terletak di Jl. Jemursari No. 51-57 Surabaya (Kompleks RSI. Jemursari). Memiliki 6 fakultas dan 20 program studi yang didukung dengan fasilitas yang istimewa, Unusa memiliki 2 rumah sakit sendiri.

Menurut peringkat perguruan tinggi Indonesia versi Kemenristek Dikti (Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi), ditahun 2016 Unusa berada pada peringkat 2805 dan pada tahun 2019 Unusa berhasil naik di peringat 146 yang sebelumnya menduduki posisi 236. 

Selain naiknya peringkat Unusa juga masuk peringkat 2 PTS (Program Kreativitas Mahasiswa) Jatim yang meloloskan 19 proposal PKM ditahun 2020. Proposal PKM ini terdiri dari lima bidang mahasiswa yang terdiri dari dua belas proposal PKM-K, tiga proposal PKM-KC, satu proposal PKM-M, satu proposal PKM-PE dan dua proposal PKM-PSH, lolosnya19 proposal PKM ini nantinya akan di lombakan di Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas).

Oleh Lembaga Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama (LPTNU) dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama’ (PTNU) terbaik pertama yang menerapkan sistem penjamin mutu internal ditahun 2019. Pada tahun yang sama juga Unusa termasuk perguruan tinggi swasta yang menerima dana hibah PKM bidang Kewirausahaan terbanyak di Jawa Timur (11 PKM-K). Dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Swasta baru yang Percepatan Pengelolaan Terbaik se-Jawa Timur yang dinyatakan oleh LLDIKTI 7 Jatim.

Diatas merupakan prestasi-prestasi yang dimiliki oleh Universitas Nahdlatul Ulama’ (UNUSA) padahal terbentuknya Unusa masih belum lama. Apakah anda yakin tidak ingin masuk Unusa dan menjadi generasi yang Rahmatan Lil Alamin?

Nama: Fadiyah Izza Fitriani

NIM: 2130020034

Prodi: S1 Kesehatan Masyarakat

Universitas: Universitas Nahdlatul Ulama’ Surabaya

Tugas UAS Bahasa Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline