Lihat ke Halaman Asli

Fadil M

Panggil saja begitu

Sikap Kepemimpinan: Karakter Penting dalam Pembawaan Diri

Diperbarui: 30 November 2021   23:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai, Assalamualaikum

Dewasa ini, proses bersosialisasi secara aktif dapat didefinisikan ke berbagai bentuk, mulai dari sosialisasi secara verbal maupun non-verbal.

Dalam proses sosialisasi itu juga banyak sekali faktor-faktor yang mengakibatkan seseorang dapat memiliki kemampuan bersosialisasi secara baik dan optimal.

Dan dari sekian banyak faktor itu salah satunya terdapat faktor yang berpengaruh langsung terhadap bagaimana seseorang itu dapat membawa dirinya menyesuaikan lingkungannya, yakni faktor kepemimpinan.

Mendengar istilah kepemimpinan atau leadership tentu saja sudah tidak asing ditelinga, secara definisi umum adalah kemampuan yang terdapat di dalam diri seseorang untuk bisa memengaruhi orang lain atau memandu pihak tertentu untuk mencapai tujuan.

Kemampuan itulah yang menjadikan seseorang dapat memiliki pengaruh penting terhadap orang lain secara luas, dan secara khusus terhadap dirinya sendiri. Pengaruh itu dimaksudkan kepada bagaimana seseorang dapat memposisikan dirinya dengan baik itu memimpin banyak orang di dalam lingkup organisasi, perusahaan, keluarga dan bermasyarakat termasuk memimpim dirimya untuk dapat menyesuaikan segala kondisi dalam penyelesaian masalah yang dihadapi.

Meski demikian, sikap kepemimpinan bukanlah sebuah sikap yang dapat dengan mudah terbentuk, perlu berbagai proses, upaya, serta dedikasi yang tinggi agar teciptanya sikap kepemimpinan yang baik di dalam diri. Namun, ada juga orang-orang yang memiliki sikap-sikap kepemimpinan yang tumbuh atas dasar lingkungan tempat ia tumbuh, sehingga secara alamiah sikap itu menjadi sebuah karakter yang timbul pada pribadi orang tersebut.

Membahas konsep kepemimpinan secara keilmuan dan konseptual rasanya sudah banyak sekali literatur dari para ahli yang mengkaji mengenai konsep kepemimpinan tersebut. Sehingga, tentu saja sudah banyak sekali definisi definisi yang ada mengenai konsep kepemimpinan.

Adapun secara faktual proses terjadinya kepemimpinan, tentu saja sikap kepemimpinan merupakan sikap yang teramat pentinh yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama bagi mereka yang selalu berkecimpung dengan lingkungan sosialisasi aktif.

Berkaitan dengan era saat ini, dimana pandemi tengah berlangsung, dan dengan berbagai perubahan yang ada, sikap kepemimpinan dirasa lebih dari sekedar sikap, melainkan menjadi sebuah karakter yang memang amat kompleks dimiliki tiap orang, hal itu karena, di era yang sekarang berbagai hal yang ada dan timbul perlu sekali disikapi dengan cara-cara yang dewasa sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada pada kepemimpinan secara personal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline