Lihat ke Halaman Asli

Fadillah NurAzizah

Mahasiswa Perikanan

Analisis Pemasaran Sambal Ikan Tongkol

Diperbarui: 29 Oktober 2021   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Oleh Junianto1 dan Fadilah Nur Azizah2

  • Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD
  • Mahasiswa Program Studi Perikanan Diluar Kampus Utama-Pangandaran, UNPAD

Analisis pemasaran sangat penting untuk dilakukan sebelum produk diproduksi.  Salah satu produk olahan hasil perikanan yang dapat dikomersialkan adalah sambal ikan tongkol. Sambal ikan tongkol adalah sambal yang berbahan baku ikan tongkol, cabai, dan tomat, pembuatan sambal dengan formulasi ikan dan sambal merupakan inovasi baru dalam pembuatan bahan baku makanan (Rieny Sulistijowati., 2020)

Sambal ikan tongkol termasuk  produk pangan, produk ini diperlukan sebagai pelengkap lauk untuk merangsang makan nasi.  Ikan tongkol sebagai bahan utama dalam produk sambal ini memiliki kandungan gizi sebagai dalam Tabel berikut

Kandungan Gizi 100 Gram Ikan Tongkol (Sumber : USDA) :

Kalori (Kcal ) : 132

Jumlah Lemak : 1.3 g

Protein : 28 mg 

Lemak Jenuh : 0.4 g

Vitamin C : 1 mg 

Kolesterol : 60 mg

Kalium : 522 mg

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline