Lihat ke Halaman Asli

Fadil Khairy Riski

SMKN 7 SEMARANG

Bahaya Merokok di Kalangan Remaja

Diperbarui: 30 Januari 2023   11:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada pergaulan remaja saat ini tentunya kita sudah tidak asing melihat banyak remaja atau bahkan pelajar merokok di usia mereka. Kegiatan merokok tersebut dapat menimbulkan rasa kecanduan karena rokok mengandung zat nikotin yang dapat menenangkan tubuh dan memberi rasa rileks pada tubuh penghisapnya, namun disisi lain rokok memiliki banyak dampak negatife yang dapat merusak organ tubuh manusia terutama paru-paru. Asap rokok tersebut dihirup dan masuk ke paru-paru sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Sayangnya merokok adalah kegiatan yang banyak disukai oleh para remaja dan pelajar,padahal mereka seharusnya tau jika merokok memiliki banyak dampak buruk bagi Kesehatan.

Menurut para ahli para remaja sangat tertark dengan rokok karena kepuasan psikologis, kurang pengawasan orang tua terhadap rokok, dan pengaruh pergaulan bebas teman sebaya. 

Merokok adalah salah satu masalah yang sampai saat ini belum terpecahkan. Hal ini menjadi sulit dikarenakan banyak sekali factor yang memicu, apalagi di seusia remaja sangat rentan untuk melakukan merokok dikarenakan masa remaja adalah masa dimana terjadinya perubahan emosi dan psikologi yang belum stabil. Dan kurangnya edukasi sehingga belum tahu baik buruknya dampak dari merokok.

Dampak buruk  merokok

  • Penyakit Paru-Paru

  • Efek merokok yang paling umum yaitu dapat merusak organ paru-paru. saluran pernapasan kita memiliki lender yang berguna menjaga kelembaban saluran pernapasan, zat pada rokok dapat merangsang lendir pada saluran tersebut untuk memproduksi secara berlebihan. Akibatnya paru-paru kita akan tertutup oleh lendir tersebut dan akan terganggu system kerjanya.

  • Penyakit impoten dan gangguan organ reproduksi

  • Merokok dapat menggangu organ reproduksi dikarenakan zat kimia pada rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada organ reproduksi sehingga mengurangi aliran darah pada organ reproduksi.

  • Merusaknya gigi dan menyebabkan bau mulut

  • Merokok dapat membuat gigi berlubang dikarenakan nikotin dan tar pada rokok yang dapat merusak jaringan pada gigi. Sehingga mulut menjadi bau karena berlebihannya kandungan nikotin dan tar dalam mulut.

  • Menggangu focus belajar

  • Ketergantungan terhadap nikotin menjadi sakah satu factor utama terganggunya focus belajar dikalangan remaja dikarena nikotin juga dapat menurunkan fungsi otak.

  • Penuaan dini

  • Merokok dapat menjadi penyebab terjadinya penuaan dini dikarenakan dalam rokok  terdapat zat yang dapat memperlambat aliran darah pada kulit, sehingga kulit tidak mendapatkan oksigen yang cukup.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline