Lihat ke Halaman Asli

Amalan Andalan, Tubuh Sehat, dan Suara Merdu?

Diperbarui: 27 Februari 2019   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.mesgulsinyali.com

Oleh : santri bandel

Konon para santri mempunyai amalan-amalannya masing-masing. Setiap santri akan berlomba-lomba dalam kebaikan dan amalan-amalan sunnah yang telah diajarkan oleh rosulullah -shollallahu alaihi wasallam-. Tak jarang banyak dari mereka sembunyi-sembunyi dalam menjalankan amalan tersebut agar menjadi amalan yang disebut amalan andalan.

Berbicara tentang amalan andalan, istilah ini disandarkan kepada amalan yang dilakukan secara terus menerus dan istiqomah. Karena istiqomah adalah salah satu karomah yang terbesar. Dan jika kita ambil pemaknaan dari sudut pandang yang berbeda, amalan andalan juga dapat diartikan dengan amalan yang disandarkan kepada seseorang untuk mencirikan orang tersebut dari yang lainnya. Terlepas dari benar atau salahnya pemaknaan istilah "amalan andalan" dalam persfektif penulis , dapat kita simpulkan bahwa amalan andalan adalah salah satu bagian penting didunia santri khususnya dan ummat islam pada umumnya.

Disadari ataupun tidak, amalan-amalan yang dilakukan dengan terus menerus dan istiqomah akan memberikan atsar atau efek yang luar biasa dalam kehidupan pengamalnya. Sebagaimana kita ketahui, banyak hal-hal yang tidak disangka-sangka didapatkan oleh pengamalnya seperti halnya solat. Solat merupakan serangkaian gerakan tertentu yang menyimpan segudang manfaat bagi tubuh. 

Disetiap gerakan solat menyimpan rahasianya masing-masing. seperti halnya sujud, menurut penelitian, ketika seseorang sujud, oksigen akan lebih banyak mengalir ke otak dan mempengaruhi kinerja otak tersebut. Otak akan lebih fresh dan lebih segar dan berdampak kepada sikap dalam pengambilan keputusan orang tersebut. Padahal, solat sendiri sudah disyariatkan lama sebelum adanya penelitian ini. Dan orang yang mempunyai amalan andalan berupa solat sunnah, biasanya akan cenderung lebih tenang dalam mengambil keputusan.

Begitu juga dengan puasa. Puasa juga punya segudang manfaat bagi tubuh manusia. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering berpuasa akan terlihat awet muda. Salah satu efek utama penuaan adalah metabolisme yang lebih lambat.Jadi, semakin muda tubuh kita, semakin cepat dan lebih efisien proses metabolisme.Semakin sedikit kita makan, semakin kecil risiko kesehatan yang kemungkinan terjadi pada sistem pencernaan.

Selain itu, memperbanyak puasa sunnah juga sangat bagus dilakukan bagi orang - orang yang menginginkan suara yang merdu. Sebagaimana dikisahkan bahwa suara yang paling merdu yang allah ciptakan bagi manusia adalah suaranya nabi daud. Sedangkan amalan andalan dari nabi daud sendiri adalah puasa sehari dan berbuka dihari yang lain. Sehingga puasa ini disebut juga dengan puasa daud.

Dari pemaparan diatas kita dapat berkesimpulan bahwa amalan andalan selain berpahala, ia juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Tentunya tetap harus punya dasar yang jelas dan diajarkan nabi -shollallahu alaihi wasallam- Dan agama islam adalah agama yang sangat sempurna dan menyeluruh dalam mengatur kehidupan pemeluknya. Maka berbahagialah dan bersyukurlah atas nikmat yang luar biasa ini. Wallahu a'lam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline