Lihat ke Halaman Asli

Fadila zannuba arifah

menulis adalah sejarah

Beberapa Komponen Komunikasi dalam Pembelajaran

Diperbarui: 21 Mei 2022   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Terdapat lima komponen utama yang terdapat dalam pebelajaran sebagai sebuah komunikasi, sebagai berikut:

  1. adanya pengajar
    pengajar memiliki pengaruh yang sangat besar dalam embelajaran, terutama karena pengajar memiliki fungsi utama menjelasakan materi dan menjadi komunikator utama dalam pembelajaran.
  2. adanya peserta didik
    peserta didik juga merupakan komponen yang sangat penting karena dengan adanya peserta didik ini, pengajar tentu dapat menyampaikan dan menjelaskan materi dengan baik dan pada orang yang tepat. dalam artian, peserta didik memang tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan ilmu dalam proses belajarnya
  3. materi ataupun pembahasan
    materi menjadi sebuah hal yang harus selalu disiapkan dan tentunya pengajar yang menyampaikan materi haruslah pengajar yang sudah memiliki keahlian dalam bidang yang akan disharekan. 
  4. media dalam pembelajarannya
    media yang dapat digunakan jika pembelajaran dilakukan secara offline seperti dengan menggunakan proyektor, audio visual, ataupun media lainnya. jika pembelajaran dilakukan secara online media yang dapat digunakan seperti google meet, zoom, WA group, dan media lainnya. dengan adanya media ini, tentu memberikan kemudahan bagi pengajar maupun peserta didik untuk terus melakukan komunikasi dengan baik walaupun dengan situasi dan kondisi yang berbeda. 
  5. lingkungan sekitar
    Lingkungan menjadi komponen yang tak alah penting dengan komponen lainnya. karena dengan adanya lingkungan yang baik, tentu juga akan memberikan dampak baik kepada seluruh SDM yang ada dalam lembaga pendidikan tersebut, dan komunikasi dapat tercipta dengan efektif.

Jika terdapat komponen yang tidak dilakukan, komunikasi tentunya akan tetap berjalan, namun tidak akan berjalan secara efektif. karena satu komponen dengan komponen lainnya sangatlah berkesinambungan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline