Lihat ke Halaman Asli

Fadilah Tyas WP

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember

Bersama Puskesmas Grujugan dan Ponkesdes Dawuhan Menyusun Rancangan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di SDN Dawuhan

Diperbarui: 4 September 2022   06:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kesehatan merupakan modal mahal yang harus dijaga sejak dini. Kesehatan juga akan mendukung kualitas hidup seseorang. Kesehatan gigi dan mulut juga harus diperhatikan mengingat tingginya prevalensi gigi pada anak usia 5-9 tahun sebesar 92,6% (Kemenkes, 2018). 

Mahasiswa KKN UMD yang diterjukan di SDN Dawuhan Kecamatan Grujugan Bondowoso juga mengobservasi terkait kesehatan gigi dan mulut anak-anak disini, khususnya SDN Dawuhan.

Dokpri

Bapak Marwi, S.Pd Kepala Sekolah SDN Dawuhan mengatakan “Banyak siswa-siswi SDN Dawuhan yang giginya sakit hingga tidak bisa mengikuti pembelajaran di sekolah. Saya senang apabila akan diadaan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang telah vakum 2 tahun karena pandemi COVID-19, saya sangat mendukung kegiatan yang mendukung kesehatan para siswa disini”.

Hal inilah yang mendorong mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UNEJ Membangun Desa (KKN UMD) berusaha agar kegiatan sikat gigi bersama, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta UKGS kembali ada di SDN Dawuhan. Kami mengunjungi pihak Puskesmas Grujugan dan menemui drg. Cicik sebagai Kepala Puskesmas Grujugan. 

“UKGS ini sudah vakum, 2 tahun ini tidak berjalan karena terkendala pandemi COVID-19, tapi kami sekarang juga sedang kekurangan tenaga di bagian kesehatan gigi dan mulut,”

Dokpri

(01/08/22) Mahasiswa kembali menggandeng pihak kesehatan terkait untuk memperbanyak tenaga penyuluh, yaitu Ponkesdes Dawuhan. Pihak ponkesdes pada mulanya mengalami kendala jadwal. Hal ini berkaitan dengan jadwal posyandu yang hampir bersamaan. 

Mahasiswa KKN UMD terus mencari jadwal yang bisa mempertemukan pihak-pihak terkait, dari mahasiswa, pihak puskesmas, ponkesdes, dan pihak sekolah SDN Dawuhan. 

Setelah mengadakan diskusi dan koordinasi rencanya acara dilakukan pada hari Jumat (05/08/22) untuk kelas 1,2,3 dan Sabtu (06/08/22) untuk kelas 4,5,6 dan terdiri dari dua sesi yaitu sesi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dan sesi sikat gigi bersama.

Persiapan kegiatan ini terus dilakukan. Pihak puskesmas mengatakan bahwa telah mempersiapkan pasta gigi, sikat gigi, dan gelas untuk sesi sikat gigi bersama. Namun, pihak puskesmas belum menyiapkan terkait sesi penyuluhannya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline