Lihat ke Halaman Asli

Jangan Takut Resesi 2023

Diperbarui: 20 November 2022   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jangan takut Indonesia 2023 akan RESESI. Sekarang juga sudah resesi di Amerika dan berbagai macam . Sekarang di Indonesia juga sudah resesi negara lain melakukan resensi. 

Resesi itu kan artinya pertumbuhan ekonomi dua quarter berturut-turut negatif, Amerika telah melakukan resesi pada bulan Juli kemarin, Ukraina resesi karena adanya perang yang tidak ada henti-hentinya. 

Negara Rusia belum terkena resesi karena tertolong dengan harga minyaknya tetapi di kuarter kedua melakukan penurunan selama 4,1%. 

Cina hampir terkena resesi tapi masih baru negatif belum sampai resesi. Begitu pula dengan negara Inggris hampir hampir terkena resesi. 

Dan gimana sekarang dengan negara Indonesia sendiri. Masih bisa bertumbuh di tengah tidak kepastian dunia malah pertumbuhannya lebih tinggi karena negara kita masih digantungkan sama negara-negara lain di sumber daya alamnya. Jadi ekonomi terbesar di dunia Amerika serikat sudah resesi sudah tidak tunggu 2023 lagi. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih bagus termasuk INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN abungan (IHSG) masih naik 5% sepanjang 2022 ini.

Tips yang pertama untuk menangani apabila 2023 bener terjadi resesi ya itu jangan takut dan jangan mendengarkan berita-berita yang clickbait dan jangan menjual investasi-investasimu dan juga saham yang berada di bawah atau bisa dibilang rugi. This is the moment. 

Mungkin di mana dia akan turun dan akan dan siapa tahu di moment yang kita tidak tahu akan naik tinggi. Dan kita tidak perlu membeli promo yang sahamnya sudah naik atau tinggi, nanti akan turun lagi, maka dari itu jangan bosan-bosan ikutin terus perkembangan berita suku bunga dan inflasi di Indonesia.

Tips yang kedua untuk menangani 2023 yaitu nabung rutin dan siap-siap nambah lebih banyak pengeluaran.
Tips yang ketiga adalah siapin dana darurat. Tambahin dana darurat dua kali lipat dari biasanya.
Tips yang keempat adalah hidup frugal. Atau bisa disebut hidup hemat. Nggak perlu menghambur-hambur uang di kondisi seperti ini, karena masyarakat Indonesia masih banyak yang susah ekonominya Mari kita ikut berempati juga.
Tips yang kelima adalah melunasi hutang-hutang yang berbunga apalagi yang berjangka panjang. Agar tidak mencekik kamu di tahun berikutnya karena bunga floating ini akan semakin naik.
Tips yang keenam adalah eksplor side hustle. Karena sekarang badai PHK di seluruh dunia dan kita tidak pernah tahu badai PHK itu tertimpa kepada kita maka dari itu kita butuh pekerjaan sampingan juga.
"Kita patut bersyukur bahwa di tengah-tengah krisis, di tengah resesi, Indonesia di kuartal kedua masih tumbuh 5,44%. Ini wajib kita syukuri," Joko Widodo (Presiden RI)
"jika kita keras terhadap diri sendiri, dunia akan lunak terhadap kita.
Jika kita lunak terhadap diri sendiri, dunia akan terus sama kita". Andrie Wongso (Motivator)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline