Lihat ke Halaman Asli

FADILAH ROFIATUN

MAHASISWA UIN SAIZU PURWOKERTO

Mendapatkan Ketenangangan dengan Hobi

Diperbarui: 2 Maret 2022   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Gambar :pahamify

Kegemaran atau nama lain dari hobi adalah kegiatan yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dari dalam diri. Hobi juga merupakan kegiatan yang secara umum, membuat kita banyak menginvestasikan sesuatu kedalamnya, baik itu materi maupun waktu dengan sangat senang hati. Kegiatan yang berkaitan dengan hobi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu yang luang.Hobi ini dilakukan secara rutin yang dilakukan disaat seseorang memiliki waktu luang yang dapat menyebabkan dirinya bahagia atau setidaknya merasakan kedamaian dalam dirinya.

Hobi setiap orang pastinya berbeda-beda, ada yang memiliki hobi memasak, menulis, menyanyi, olah raga, mengoleksi barang-barang, hobi jalan-jalan, mendengarkan musik, membaca dan lain sebagainya.Tetapi terkadang juga, tidak sedikit orang yang bingung akan hobinya sendiri. Tetapi pada dasarnya, apapun yang dilakukan disaat waktu luang, itu dinamakan hobi. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa beberapa hobi tidak memiliki manfaat, namun sebetulnya setiap hobi itu memiliki manfaat bagi orang yang menjalankannya. Seperti contoh hobi memasak yaitu kita dapat menciptakan menu yang akan kita konsumsi sendiri dan lain sebagainya.

Saya memiliki hobi mendengarkan musik, menurut saya hobi mendengarkan musik ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya dapat meningkatkan suasana hati, dengan mendengarkan musik dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan bahagia, meskipun saya lebih senang mendengarkan musik yang cenderung mellow atau sedih.

Dengan mendengarkan musik dapat membuat semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Manfaat lain dari mendengarkan musik adalah membuat tidur lebih nyeyak, dengan mendengarkan musik, akan mudah membuat mengantuk dan cepat terlelap dan tidur dengan nyenyak. Dan masih banyak lagi manfaat dari mendengarkan musik ini. Yang pasti, saya menjalani hobi setiap hari disaat sedang memiliki waktu luang.

Saya juga memiliki hobi yang lain, yaitu membaca buku. sebetulnya ini lebih jarang saya lakukan, karena saya lebih cepat merasakan bosan. Dengan membaca buku, akan lebih menambah wawasan, tetapi saya lebih suka membaca buku novel tentang percintaan. Saya suka membaca buku, tetapi hanya buku-buku yang tidak terlalu banyak halaman. Manfaat dari membaca buku ini adalah dapat mengurangi kegabutan disaat waktu senggang.

Dari hobi-hobi saya, saya lebih suka mendengarkan musik, karena dapat membuat saya merasakan tenang dan lebih bahagia karena lebih meningkatkan suasana hati.

Jadi, pada intinya hobi adalah kegemaran yang dilakukan diwaktu luang yang dapat bermanfaat bagi pribadi. Hobi setiap orang berbeda-beda dan bagaimana orang dapat mengembangkan hobinya untuk hal yang lebih bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline