Lihat ke Halaman Asli

Kampung Horta Bogor: Daya Tarik Wisata Edukasi, Lokasi, Harga Tiket, dan Prosedur Kunjungan

Diperbarui: 27 November 2023   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan edukasi bersama SMA Citra Islamic Village/dokpri

Bogor - Wisata Edukasi menjadi salah satu kegiatan wisata yang diminati akhir-akhir ini, dengan muatan pendidikan di dalamnya membuat banyak orang tua ataupun guru-guru dari sekolah menjadikan wisata edukasi menjadi salah satu hiburan bagi anak-anak sekolah. Wisata Edukasi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nilai pelestarian pada kawasan yang memiliki nilai historis, selain itu dampaknya dapat menumbuhkan tingkat kesadaran, bahkan tingkat keinginan untuk bisa menambah ilmu sambil bermain di luar kelas dan lebih terbuka di alam bebas.Nah, ternyata Bogor menyimpan wisata edukasi tersembunyi lho, tempat ini di kelilingi pemandangan sawah yang hijau dan saung-saung dari kayu sebagai tempat belajar sambil bermain, yang berlokasi di Kampung Selahuni, Kecamatan Ciomas Rahayu, Kabupaten Bogor. Kampung Horta dikatakan unik dikarenakan tempat wisata ini seperti kampung pada umumnya tetapi memiliki pemandangan alam yang masih asri dan sejuk sehingga anak-anak akan nyaman ketika berwisata sambil edukasi disini. Selain itu, keunikan lainnya adalah penamaan kampung yang bernama “Kampung Horta” dikarenakan kampung tersebut menyediakan wisata edukasi membuat Boneka Horta yang diproduksi sendiri oleh ibu-ibu setempat. Boneka Horta merupakan boneka yang bisa dibentuk dan menumbuhkan rumput, yang berbahan dasar serbuk kayu yang dibungkus dengan kain stocking tipis dilengkapi dengan bibit rumput. Serbuk kayu tersebut dibungkus agar Boneka Horta bisa dibentuk sesuai keinginan anak-anak seperti bentuk boneka, manusia, hingga hewan. Boneka Horta dibuat guna untuk mengurangi limbah serbuk kayu yang dibuang sembarangan oleh pabrik setempat, sehingga serbuk kayu tersebut dijadikan Boneka Horta untuk menarik perhatian masyarakat, khususnya anak-anak agar anak-anak bisa belajar untuk merawat tanaman melalui Boneka Horta.Selain keunikan Boneka Horta, Kampung Horta ini juga menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan bagi anak-anak sekolah yang ingin berwisata edukasi sambil menikmati suasana persawahan dan pemandangan pegunungan yang asri. Ada beberapa aktivitas yang ditawarkan di Kampung Horta  yang diharapkan dapat menambah pengalaman dan pengetahuan semua peserta terutama dalam hal keterampilan dan kewirausahaan. Beberapa aktivitas pelatihan edukasi yang dapat dilaksanakan dan dipilih di Kampung horta diantaranya :1. Pelatihan pembuatan Boneka Horta
2. Pelatihan Menyablon secara manual dengan media Goodiebag.
3. Pelatihan Menanam Hidroponik dengan hydrogel
4. Pelatihan pembuatan Telor Asin
5. Pelatihan pembuatan Minuman Cincau dari bahan alami.
6. Pelatihan pembuatan Kerajinan Tanah Liat (Clay)
7. Pelatihan Daur Ulang Kertas (Pembuatan Bubur Kertas)
8. Pelatihan Menghias Caping (Topi Petani).
9. Pelatihan Tata Boga Pembuatan Kue Tradisional (Kue Klepon)
10. Pelatihan Membuat dan Mewarnai Layang-Layang
11. Pelatihan Membuat Sabun
12. Pelatihan Teknik Dasar Membatik
13. Gardening (MicroGreen)
14. Pengenalan Ekosistem Sawah dan Praktik Menanam Padi.
15. Aneka lomba menarik di sawah berlumpur seperti lomba menangkap ikan, menangkap bebek,dan tarik tambang.
16. Kegiatan Outbound dengan berbagai games menarik di area outbound. Terdapat tambahan Flying Fox di dalamnya.

Pelatihan edukasi membatik/dokpri

Pelatihan edukasi membuat Boneka Horta/dokpri

Pelatihan menghias caping/dokpri


Pelatihan-pelatihan keterampilan tersebut dapat dipilih dan disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, usia, atau kurikulum sekolah. Dalam sehari, setiap rombongan anak-anak dapat memilih dan melaksanakan 3 sampai 5 program pelatihan. Estimasi lamanya waktu 1 pelatihan edukasi adalah 45-60 menit. Keuntungan lainnya adalah semua hasil yang sudah dipraktikkan di Kampung Horta Bogor dapat dibawa pulang dan menjadi kenang-kenangan untuk disimpan di rumah. Dengan daya tarik wisata edukasi yang memuaskan, pengunjung tidak perlu merogoh kocek ratusan ribu di Kampung Horta, karena Kampung Horta merupakan wisata edukasi dengan harga terjangkau di Kabupaten Bogor. pengunjung hanya perlu merogoh kocek untuk 1 anak sebesar 75 ribu untuk 2 edukasi dan sudah mendapatkan makan siang, paket lain yang ditawarkan adalah 1 anak sebesar 95 ribu untuk 3 edukasi dan makan siang, sebesar 115 ribu untuk 4 edukasi dan makan siang serta 135 ribu untuk 5 edukasi dan makan siang.

Terkait prosedur untuk melakukan kunjungan wisata edukasi di Kampung Horta Bogor, pengunjung khususnya rombongan harus menjadwalkan tanggal dikarenakan dalam satu hari pelatihan, peserta setiap sekolah dibatasi minimal 20 orang dan maksimal 200 orang. Dalam satu hari, Kampung Horta hanya dapat memfasilitasi beberapa sekolah agar Kampung Horta Bogor dapat melayani dengan maksimal dan demi kenyamanan. Lalu, selanjutnya adalah pengunjung harus melakukan Pembayaran DP Booking melalui transfer, dan Melakukan Pelunasan pada Hari H.

Dengan segala daya tariknya, Kampung Horta Bogor menjadi destinasi wisata edukasi unggulan dalam  Kabupaten Bogor. Destinasi ini memberikan kesempatan untuk terhubung dengan alam dan cocok menjadi tempat healing bagi anak-anak untuk merasakan belajar diluar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline