Lihat ke Halaman Asli

Pengabdian Masyarakat; Memberikan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Sejak Dini

Diperbarui: 1 Juni 2021   14:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pada era global saat ini, salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah memudarnya semangat nasionalisme dan patiotisme di kalangan generasi muda. Hal ini disebabkan karena banyaknya pengaruh budaya asing yang masuk di negara kita, akibatnya banyak generasi muda yang melupakan budaya sendiri karena menganggap budaya asing lebih modern dibandingkan budaya bangsa sendiri. Hal ini berakibat pada nilai-nilai luhur bangsa banyak diabaikan hampir terjadi disebagian besar generasi muda. 

Oleh karena itu, melalui pengabdian masyarakat ini saya memberikan penanaman nilai-nilai pancasila yang diharapkan dapat memperkuat jiwa patriotisme dan nasionalisme dengan tetap bertahan pada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia meskipun banyak pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia. Dengan berlandaskan pancasila diharapkan pengaruh budaya asing bisa disaring sehingga mulai sejak dini bisa menjadi generasi yang benar-benar cinta pada tanah air Indonesia apapun keadaannya.

Saya beserta satu mahasiswa lain yang berada dalam satu program studi melakukan implemetasi salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi saya sebagai mahasiswa untuk membagikan pengetahuan juga berkontribusi dalam kegiatan yang ada di masyarakat.

Pada tanggal 24 April 2021 di Desa Mergosari, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo saya beserta rekan saya telah berhasil melakukan kegiatan pengabdian dengan sasaran utama yakni memberikan penanaman nilai-nilai pancasila sejak dini. Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan utama yaitu agar sejak usia dini mereka sudah mengenal pancasila serta nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila itu sendiri dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan diawali dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah satu anak yang ikut menjadi bagian dalam pengabdian kami . Selanjutnya kami menayangkan video berbasis animasi dengan tema "Pengamalan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari". Berikut merupakan video yang kami tayangkan:

Setelah mereka memperhatikan tayangan video tersebut, selanjutnya diadakan sesi tanya jawab. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini aktif bertanya mengenai pancasila, simbol-simbol pancasila, dan penerapan dari pancasila. Mereka terlihat sangat antusias karena video yang kami berikan juga berbentuk animasi sehingga menarik perhatian mereka. Setelah tanya jawab selesai, kami mengadakan mini kuis berupa pertanyaan seputar video yang kami tayangkan untuk melihat seberapa besar tingkat pemahaman mereka. Berdasarkan kuis tersebut anak-anak memahami isi dari video dan materi tambahan yang kami berikan.

Kegiatan pengabdian ini kami akhiri dengan berdoa bersama dan memberikan sedikit hadiah yang semoga bermanfaat untuk menambah semangat belajar anak-anak di Desa mergosari ini. Selanjutnya kami lakukan sesi foto bersama, namun ada anak yang tidak ikut berfoto karena harus pulang terlebih dahulu. Kesan dari mereka untuk pengabdian ini yaitu sangat menyenangkan dan bermanfaat. Semoga kegiatan pengabdian mengenai penanaman nilai-nilai pancasila ini dapat bermanfaat terutama bagi anak-anak yang ada di Desa Mergosari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline