Lihat ke Halaman Asli

Fadia Alyani

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Memahami Perilaku Konsumen di Era Digital Marketing: Penting!

Diperbarui: 9 Juli 2023   08:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: unsplash.com

Hidup di era pesatnya perkembangan teknologi, kita semua menyadari bahwa perangkat yang berada di tangan kita, menjadi suatu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai hal yang kita butuhkan (atau sekadar ingin kita beli) dapat ditemukan dan sampai ke hadapan kita dengan hanya meng-klik beberapa tombol di perangkat pintar kita saat ini. Sehingga, penting bagi para pelaku bisnis untuk memahami seperti apa perilaku para konsumen ketika mereka mempertimbangkan pembelian melalui apa yang mereka lihat di layar smartphone, termasuk apa yang membuat mereka kemudian akhirnya memutuskan untuk checkout dan menekan tombol "Beli".

Poin utama dari strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh para pelaku bisnis adalah untuk memahami marketing funnel. Untuk meningkatkan kemungkinan banyaknya konsumen yang benar-benar membeli produk, maka bisnis perlu mengerahkan upaya agar produk yang mereka ditawarkan dapat diketahui oleh sebanyak mungkin target konsumen. Dalam kata lain, meningkatkan "awareness". Melihat kenyataan bahwa perilaku masyarakat saat ini sebagai calon konsumen adalah sering menggunakan perangkat pintar sebagai sumber utama informasi, maka penting bagi bisnis untuk juga bisa menyesuaikan strategi marketing mereka untuk lebih mengeksplor cara-cara di dunia digital.

Seperti apa perilaku konsumen saat ini di era digital marketing (pemasaran digital) ini? Berikut adalah beberapa perubahan perilaku masyarakat sebagai konsumen di era digital saat ini (Lu, 2020):

1. Scroll dan Swipe Opsi Produk

Meski toko-toko fisik masih kerap menjadi opsi untuk banyak orang ketika berbelanja produk dengan melihat langsung, tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai bisnis kini bergerak ke dunia digital untuk menghemat biaya sewa toko fisik, sekaligus meningkatkan kemungkinan pembelian dari para konsumen. Lalu, apa saja keuntungannya bagi masyarakat sebagai konsumen?

Di era saat ini, ketika hendak membeli satu jenis produk saja, masyarakat dapat membandingkan berbagai opsi yang tersedia dari bermacam-macam toko yang ada pula. Mulai dari warna, harga, bahan, kelengkapan informasi, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, salah satu pertimbangan besar ketika konsumer hendak membeli adalah jumlah dan kualitas review produk yang hendak dibeli. Hanya dengan sentuhan jari, dengan mudahnya orang-orang untuk memutuskan untuk membeli suatu produk. Sehingga, para pelaku bisnis juga harus mempertimbangkan bagaimana mempermudah proses pembelian tersebut di dunia digital. 

Beberapa tips yang dapat dicatat oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan pembelian: 

  1. Meningkatkan pengalaman konsumen dalam berbelanja di platform digital. Jika menggunakan jasa salah satu e-commerce yang tersedia, maka perlu dipertimbangkan juga platform yang paling sering dan mudah digunakan oleh target pelanggan. 

  2. Memberikan keterangan produk yang lengkap dan mendetail, dalam rangka meyakinkan pelanggan bahwa produk yang ditawarkan memang berkualitas dan sesuai dengan apa yang mereka cari.

2. Berbelanja Lewat HP atau Laptop?

Mayoritas masyarakat saat ini tidak hanya memiliki satu perangkat berupa smartphone, namun juga kerap menggunakan laptop atau sejenisnya. Perlu kita akui bahwa pengalaman berbelanja melalui dua perangkat tersebut sungguh berbeda. Layar yang relatif lebih kecil pada layar smartphone perlu menjadi pertimbangan para pelaku bisnis dalam menampilkan produk yang ditawarkan dan juga proses yang dilalui pelanggan ketika mereka hendak membeli produk tersebut.

Kemudahan dalam proses checkout menjadi kunci penting dalam meningkatkan jumlah pembelian. Ketika sebuah bisnis memilih untuk juga menyediakan opsi pembelian melalui website bisnis itu sendiri, maka perlu dipertimbangkan jumlah form yang harus terisi saat pembelian. Minimalisir jumlah kolom-kolom yang harus terisi dan juga hal-hal yang harus di-klik, agar flow proses checkout menjadi lebih cepat dan simpel. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline