Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tim II Undip Memberikan Metode Penyuluhan Efektif dan Efisien Kepada Kader Posyandu

Diperbarui: 10 Agustus 2023   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Bersama Kader Kesehatan Desa Serut Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo/Dokumentasi pribadi

Serut, Nguter Sukoharjo (02/08/2023) - Penyuluhan adalah kegiatan mendidik sesuatu kepada individu ataupun kelompok, memberikan pengetahuan, informasi-infromasi dan beberapa kemampuan agar dapat membentuk sikap dan perilaku yang lebih baik. Salah satu yang paling penting mengenai penyuluhan kesehatan yang berada di posyandu. Di masyarakat penyuluhan kesehatan belum diefektif dikarenakan ada beberapa faktor seperti sumber daya manusia yang kurang mengenai keperdulianya terhadap kesehatan sehingga ketika penyuluhan dilakukan masyarakat cenderung acuh tak acuh terhadap apa yang disampaikan oleh kader.

Metode Peyuluhan efektif dan efisien ini sangat diperlukan agar kader posyandu dapat diterima dan mendapakan umpan balik dari masyarakat. Melihat pentingnya penyuluhan kesehatan agar dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat, Fadia Khairunnisa, Mahasiswa S-1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro menyelenggarakan program monodisiplin “ Metode Penyuluhan Efektif dan Efisien Kepada Kader Posyandu” kepada kader posyandu di Desa Serut, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Memberikan Metode Penyuluhan ini merupakan langkah awal agar penyuluhan dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Kegiatan tersebut dilakukan secara langsung dan dihadiri oleh 7 Kader kesehatan dari Desa Serut. Kegiatan ini dilakukan melalui penjelasan secara verbal kepada kader dengan menampilkan power point, menggunakan poster, dan diskusi mengenai cara agar penyuluhan kesehatan dapat efektif dan efisien.

(Pelaksanaan Kegiatan Metode Penyuluhan Efektif Bersama Kader Kesehatan Desa Serut)/Dokumentasi pribadi

Dengan memberikan metode penyuluhan ini, diharapkan dapat memberikan pandangan mengenai metode penyuluhan kesehatan kepada masyarakat Desa Serut agar semakin terbuka dan sadar akan pentingnya kesehatan untuk diri sendiri maupun keluarga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline