Lihat ke Halaman Asli

Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Diperbarui: 5 Januari 2022   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sistem pembelajaran daring adalah sistem pembelajaran dimana guru dan siswa tidak secara langsung bertatap muka menggunakan internet. Ancaman virus corona atau covid-19 yang telah menyerang negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, berdampak signifikan terhadap aktivitas kehidupan berbagai sektor. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang mengalami pengaruh seperti ini, dan masyarakat dapat merasakannya secara langsung. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka di sekolah kini harus dilakukan secara online, sebagai pembatasan kegiatan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Bagi saya, kegiatan belajar online adalah hal baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pembelajaran online secara fisik memisahkan guru dan siswa, namun mereka berkumpul di dunia maya melalui berbagai perangkat dan aplikasi yang menghubungkan keduanya. Pembelajaran daring ini sejalan dengan imbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 untuk menerapkan kebijakan pendidikan di masa darurat penyebaran Covid-19.

Sistem pembelajaran daring menuntut guru dan siswa untuk menguasai dan menggunakan teknologi dan informasi. Media pembelajaran online seperti Zoom, Google Meet, dan Google Classroom dirancang untuk berinteraksi dengan guru dan siswa di dunia maya. Demikian pula media yang digunakan untuk penilaian pembelajaran online, seperti Quizizz.

Pembelajaran daring yang dirancang oleh guru bukan tanpa masalah. Permasalahan yang muncul bukan hanya media pembelajaran saja, tetapi juga ketersediaan jaringan dan kuota yang membutuhkan biaya yang cukup besar bagi guru dan siswa untuk menggalakkan pembelajaran online. Di beberapa daerah, sinyal jaringan tidak tercakup, dan permintaan kuota pembelian online meningkat. 

Bagi sebagian masyarakat berpenghasilan rendah, peningkatan permintaan kuota belajar online memberikan dampak yang signifikan, apalagi jika keluarga memiliki dua atau tiga anak yang bersekolah, tentu akan lebih banyak permintaan, tidak hanya kuota, tetapi juga peralatan (ponsel Android). Meski dalam hal ini, pemerintah berusaha memberikan subsidi kuota online untuk guru dan siswa setiap beberapa bulan, ternyata tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Masalah tidak berhenti sampai di situ, masih ada masalah lain terkait media pembelajaran daring yang digunakan guru yang belum dipahami siswa. Bahkan mungkin ada guru yang masih gagap tentang media pembelajaran dan penilaian online yang digunakan. Keadaan seperti itu jelas akan mengurangi makna belajar, sehingga isi yang disampaikan guru tidak dapat diterima oleh siswa. 

Di sinilah guru perlu meningkatkan keterampilannya dalam menguasai media pembelajaran yang digunakan dan penilaian online. Berbagai lembaga memberikan banyak pelatihan untuk meningkatkan kemampuan teknis guru, baik gratis maupun berbayar, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan guru.

Di sisi lain, pembelajaran daring telah mengubah paradigma peran dan tanggung jawab orang tua kepada guru sekolah. Keberhasilan pendidikan siswa pada awalnya tergantung pada guru sekolah. 

Dalam pembelajaran daring semacam ini, orang tua lebih berperan dalam pengawasan dan pendidikan di rumah, sehingga orang tua benar-benar merasa seperti menjadi guru di rumah, hal ini tidak dapat dilakukan oleh semua orang tua dengan keterbatasan. 

Karena anak tidak serius mengikuti pembelajaran, orang tua menjadi tidak sabar terhadap anaknya, yang seringkali menimbulkan konflik antara guru dan siswa di rumah. Hal ini membuat orang tua menyadari betapa sulitnya mendidik siswa dengan berbagai latar belakang karakter yang berbeda. Pada akhirnya, banyak orang tua yang berharap anaknya bisa kembali bersekolah.

Sebenarnya di masa pandemi Covid-19 atau masa new normal tidak ada masalah dengan model pembelajaran daring, karena model pembelajaran ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, apalagi saat ini. Jadi, tinggal bagaimana mengemas pembelajaran online semacam ini agar lebih efektif dan bekerja lebih baik, dan itulah yang harus dilakukan. K

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline