Lihat ke Halaman Asli

Fadia Dara

Stikes Mitra Keluarga Bekasi

Pengaruh Game Online terhadap Kesehatan Seseorang

Diperbarui: 26 November 2021   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat seperti sekarang ini telah banyak digunakan orang. Salah satu contoh dari kemajuan teknologi yaitu internet. Berbagai macam informasi bisa di akses melalui internet secara bebas. Tidak hanya informasi yang dapat diakses, berbagai sarana hiburan pun dapat diproses seperti game online.

Game online merupakan suatu permainan yang dioperasikan dengan menggunakan koneksi internet. Game online adalah sebuah permainan yang digunakan dengan menggunakan jaringan, dimana interaksi satu orang dengan yang lainnya dapat berinteraksi agar tercapainya tujuan, menjalankan misi, dan memperoleh nilai tertinggi dalam dunia virtual. 

Salah satu keuntungan dari game online yaitu kemampuan untuk terhubung ke permainan multiplayer atau bisa dimainkan lebih dari satu orang, meskipun single-player game online juga bisa. Game online pada dasarnya hanya ditujukan untuk menghilangkan lelah atau sekedar refreshing otak setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Namun pada kenyataannya, permainan tersebut malah membuat seseorang menjadi kecanduan. (Rischa Pramudia Trisnani, 2018).

Game Online termasuk cara gaya hidup baru untuk beberapa orang disetiap kalangan anak muda ataupun pelajar. Banyak berbagai macam jenis Game Online diantaranya ada yang bergenre Perang, Balapan, Olahraga dll. Game dapat dimainkan dengan mengikuti aturan tertentu sehingga menjadikan ada yang menang dan juga ada yang kalah, biasanya hanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing biasa.

Peminat game online pun tidak memandang usia, yang memainkan tidak hanya dari kalangan anak kecil tetapi juga dimainkan oleh kalangan dewasa. Game online yang dulunya hanya bisa dimainkan melalui perangkat komputer kini lebih mudah. Semenjak game-game online yang beredar tersebut  dibuat dan ditargetkan untuk pengguna ponsel genggam, semakin banyak orang-orang memainkannya kapan dan dimana saja.

Bermain game online secara berlebihan tentu saja dapat membawa dampak yang negatif ataupun positif. Dampak Positif dari Game Online diantaranya yaitu; Menambah intelegensia, Menambah Konsentrasi, Meningkatkan Ketajaman Mata, Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, Membantu Bersosialisasi, Meningkatkan Kinerja Otak, Meningkatkan kecepatan Mengetik, Menghilangkan Stres, Memulihkan Kondisi Tubuh, .

Adapun Dampak Negatif dari Game Online diantaranya:

  • Menimbulkan Adiksi (Kecanduan), Kecanduan merupakan tingkah laku yang ketergantungan atau keadaan yang terikat yang sangat kuat secara fisik dan psikologis dalam menjalankan suatu hal, dan ada rasa yang tidak menyenangkan jika hal tersebut tidak bisa terpenuhi (Akbar, 2020).
  • Mendorong melakukan hal-hal negative.
  • Berbicara kasar dan kotor.
  • Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata, Keterikatan pada waktu untuk penyelesaian tugas di game dan rasa asik dalam memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan di dunia nyata terbengkalai. Seperti waktu untuk beribadah, mengerjakan tugas sekolah,ataupun tugas kuliah dan perkerjaan lainnya menjadi terbengkalai karena keasyikan bermain game atau hanya memikirkannya (Surbakti, 2017).
  • Perubahan pola makan dan istirahat, Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah sering terjadi pada pemain game karena menurunnya kontrol diri.
  • Pemborosan.
  • Menggangu kesehatan. Duduk secara terus menerus didepan komputer selama berjam-jam jelas dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Contoh penyakit yang dapat ditimbulkan karena game online; Eye Strain, Ambeien, Carpal Tunnel Syndrome, Menurunkan Metabolisme. Sakit akan jiwanya. Emosi yang tidak stabil seperti menjadi Pemarah ataupun Penyendiri.
  • Hilangnya konsentrasi.
  • Tidak hidup disiplin.
  • Tidak hormat orang tua.

Kecanduan game online juga dipaparkan dalam banyak jurnal ilmiah dan rumah sakit di bagian mental, karena banyak yang terganggu akibat terlalu sering bermain game online, di Amerika pada tahun 2013 banyak digunakan oleh para professional kesehatan mental untuk mendiagnosa gangguan mental. DSM-5 mencatat beberapa gejala-gejala yang disampaikan oleh the American Psychiatric Association untuk para internet gaming disorder atau kecanduan bermain game antara lain meliputi:

1. Keasikan bermain game online.

2. Menunjukkan tanda-tanda psikologi seperti kesedihan, kecemasan, dan lekas marah ketika jauh dari game online.

3. Ketidakmampuan agar mengurangi atau menghindari permainan game online, jadi upaya yang dilakukan agar berhenti bermain game online pun gagal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline