Tahun 2022 ini sudah bisa disebut dengan zaman industri 4.0 yang mana sudah menggunakan teknologi hampir untuk semua kegiatan, namun apasi industri 4.0 itu? Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas". Kemajuan teknologi juga berdampak pada kegiatan belajar mengajar yang mana siswa dan guru menjalankan proses belajar mengajar menggunakan google classroom. Google classroom mulai dikenal pada saat awal pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa maupun guru berdiam diri dirumah namun harus tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar. Fitur yang ada di google classroom juga sangat banyak seperti :
- Menghubungkan instruktur dengan siswa.
- Memudahkan membuat kelas dan mengundang peserta didik.
- Membantu instruktur untuk mendistribusikan tugas.
- Memfasilitasi komunikasi antara instruktur dan siswa.
- Mengizinkan guru membuat, meninjau, dan menandai tugas.
Namun banyak sebagian siswa yang merasa bahwa tidak mendapatkan pembelajaran yang efektif karena kurangnya penjelasan yang cukup dari sang guru dan juga karena fitur google classroom yang memudahkan tersebut membuat kualitas seorang guru diremehkan, banyak orang tua siswa yang beropini bahwa guru hanya memberikan tugas di google classroom tetapi tidak memberi penjelasan mengenai materi yang ada.
Melihat hal tersebut seharusnya menjadi teguran untuk para guru di Indonesia agar lebih meningkatkan kualitas sebagai seorang guru di era industri 4.0 ini, adapun cara untuk meningkatkan kualitas sebagai seorang guru:
- Update dan belajar terhadap hal baru
- Mengetahui berbagai macam metode pembelajaran yang disukai para siswa
- Memberi penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa