Lihat ke Halaman Asli

Fadhoil Majid Wajariananda

Kegiatan KKN UVBN Sukoharjo

Membuat Pakan Ternak Ruminansia Murah ala Mahasiswa KKN

Diperbarui: 7 September 2021   12:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pakan adalah makanan atau asupan yang diberikan pada ternak / hewan. Pakan merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan dan kehidupan makhluk hidup. Zat yang terpenting dalam pakan adalah protein. Pakan yang berkualitas adalah pakan yang memiliki kandungan protein, lemak, mineral, karbohidrat dan vitaminnya seimbang (Sumber : Wikipedia)

Akan tetapi dimasa pandemi saat ini biaya untuk membeli pakan yang berkualitas tinggi sangatlah banyak. Karena itulah Mahasiswa bernama Fadhoil Majid Wajariananda salah satu mahasiswa KKN dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo memberikan ilmu pengetahuan kepada warga untuk membuat pakan yang murah(07/09/2021).

Hanya dengan beberapa bahan yaitu bekatul, molases(tetes tebu), dan air. Caranya sangatlah mudah, yaitu pertama larutkan molases kedalam air, lalu campurkan dengan bekatul sampai bekatul terasa lembab. Setelah itu masukkan bekatul tadi kedalam plastik atau ember (harus penuh sampai tidak ada udara didalamnya) lalu ikat/tutup hingga rapat dan fermentasikan selama kurang lebih 3-4 hari. Pakan siap diberikan kepada ternak.

Dokpri

Pakan ini tidak efektif untuk penggemukan karena nutrisi didalamnya sangat sedikit. Pakan ini hanya untuk menjadi pakan sampingan jika memang biaya yang sudah sedikit atau dalam keadan mendesak saja.

Pakan ini sudah teruji keamanannya, karena ini sudah pernah dipraktekkan oleh salah satu mahasiswa dari Akademik Peternakan Brahmaputra Yogyakarta yang bernama Ahmat Wildanul Wafi.

Jika ada salah kata yang kurang berkenan dan menyinggung para pembaca, saya mohon maaf sebesar - besarnya. Terima kasih dan sampai jumpa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline