Lihat ke Halaman Asli

Fadhly Syauqy Syahidan

11230511000092, Mahasiswa semester 2 Program Studi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jalinan Retorika dan Komunikasi: Dua Hal yang Tak Terpisahkan

Diperbarui: 30 April 2024   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Oleh: Syamsul Yakin & Fadhly Syauqy Syahidan
Dosen dan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

"Retorika" adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Latin "rhetorica" yang berarti ilmu bahasa, berbicara efektif, seni berkomunikasi.

Sedangkan komunikasi diartikan sebagai proses menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan melalui suatu media tertentu.

Hubungan antara retorika dan komunikasi terletak pada ilmu, seni, dan keterampilan pesan dari komuikator kepada komunikan melalui media yang menjadi pusat pertemuan.

Perhari ini media dapat berupa media lama seperti radio, televisi, panggung atau media baru seperti facebook, youtube, instagram, twitter dan yang lainnya.

Sebagai sebuah ilmu, retorika bersifat rasional, empiris, logis, dan bisa dibuktikan. Selain itu, sebagai sebuah seni, retorika juga memenuhi unsur estetika.

Begitu pun dalam hal keterampilan, retorika bisa dipelajari dengan cara memeragakan, mengulangi, membiasakan diri dalam suatu latihan yang disiplin dalam beberapa waktu.

Dengan demikian, selain bersangkutan dengan seni mengelola pesan, retorika juga harus dibarengi dengan seorang komunikator yang memiliki ilmu, seni, dan keterampilan memengaruhi komunikan.

Komunikator yang memiliki keahlian tersebut dapat diindikasi dari berbagai hal. Pertama, pesan yang disampaikan efektif dan mencuri perhatian.

Kedua, pesan yang disampaikan disertai bukti nyata. Ketiga, pesan yang disampaikan logis atau dapat diterima akal dan estetik atau menyentuh kalbu.

Selain dari sisi proses, hubungan antara retorika dan komunikasi dapat dilihat dari sisi hasil. Jika retorika dapat memengaruhi pendapat dan perilaku audiens, demikian juga komunikasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline