Lihat ke Halaman Asli

Fadhil Rasyid

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Penyuluhan Pendaftaran E-Commerce pada Usaha Dagang di Desa Jagan

Diperbarui: 8 Februari 2024   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Penulis

Bendosari, Sukoharjo (08/02) - Pada bulan januari 2024 Universitas Diponegoro menerjunkan KKN Tim 1 2024 ke beberapa kota/kabupaten di jawa tengah. Salah satunya tim KKN diterjunkan di Kecamatan Bendosari, Sukoharjo tepatnya di Desa Jagan. Pada KKN kali ini pelaksanaan dalam jangka waktu 5 Januari hingga 10 Februari. Para mahasiswa ditugaskan untuk melaksanakan program kerja salah satunya mengenai "Penyuluhan Pendaftaran E-Commerce pada Usaha Dagang Perorangan". Tidak hanya itu namun para mahasiswa juga membantu administrasi Desa, mengikuti Kerja bakti, membantu kegiatan PKK , serta membantu pelaksanaan posyandu.

Desa Jagan merupak desa yang memiliki banyak potensi salah satunya potensi perekonomian. Cukup disayangkan banyak pedagang yang belum maksimal dalam mengembangkan suatu usaha dagang mereka. Karena metode tradisional mungkin masih memegang kekuasaan di beberapa sudut, perekonomian sedang mengalami transformasi, didukung oleh kekuatan digitalisasi yang tak terbendung.

Adanya Program ini mengharapkan kepada para pedagang/UMKM untuk bisa mengembangkan usaha dagang mereka sehingga bisa meningkatkan perekonomian baik desa maupun keluarga. 

Program ini dilaksanakan secara door to door pada hari Jum'at 19 Januari 2024 pukul 13.00 - 15.00 dengan mendatangi para pedagang yang ada di Desa jagan. Diawali dengan pedagang bakso yang dimiliki oleh mas Sumarji dan melakukan pemaparan mengenai Keuntungan pendaftaran E-Commerce dan diakhiri pemberian booklet mengenai tata cara pendaftaran E-Commerce seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Selanjutnya berpindah ke pedagang ayam bakar yang dimiliki oleh mbak tri dan melakukan pemaparan mengenai Keuntungan pendaftaran E-Commerce dan diakhiri pemberian booklet mengenai tata cara pendaftaran E-Commerce seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. 

Dok Penulis

Penulis : Muhammad Fadhil Rasyid/12020120140233/Ilmu Ekonomi/FEB/Undip

DPL : Dr. Farmaditya Eka Putra. M.Si.Med, Ph.D 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline