Lihat ke Halaman Asli

Fadhillah Piliang

Programer komputer yang suka menulis dari saat kuliah

Mantan Wakil Ketua KPK, Kini Ternyata Presiden Komisaris Sentul City

Diperbarui: 16 September 2021   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mantan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (Instagram.com/offcial.kpk)

Mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) Basaria Panjaitan ternyata kini menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Sentul City tbk.

Seperti kita ketahui Sentul City telah mensomasi pengamat politik Rocky Gerung.

Rocky Gerung dimintai mengosongkan lahan yang berada di daerah Bogor Jawa Barat. Padahal Rocky Gerung sudah membayar dan  menempati lahan seluas 800 meter tersebut belasan tahun yang lalu.

Kehadiran Basaria Panjaitan menjadi presiden Komisaris Sentul City dipertanyakan Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie M Massardi.

Soalnya Bosnya Sentul City, Kwee Cahyadi Kumala alias Swie Teng adalah pesakitan Komisi pemberantasan korupsi, saat Basaria menjadi wakil KPK.

Swie Teng dihukum 5 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi, menyuap Bupati Bogor Rachmat Yasin guna memuluskan tukar-menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor pada tahun 2015.

Adhie Massardi meminta agar Dewan Pengawas KPK memeriksa Basaria Panjaitan yang pernah menjabat Wakil Ketua KPK periode 2015-2019 itu. "Masalahnya, perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengelolaan dan pengolahan lahan ini dalam menjalankan usahanya terindikasi pernah melawan hukum dan semena-mena, terutama dalam membebaskan lahan milik rakyat," kata Adhie

"Perlu untuk diselidiki Dewan Pengawas KPK apa yang sudah diberikan Basaria kepada pihak Sentul City saat masih menjadi pimpinan KPK sehingga yang bersangkutan mendapat jabatan Preskom," tambah Adhi dalam penjelasannya.

"Dewas harus bisa membatalkan atau memerintahkan Basaria Panjaitan untuk mengundurkan diri sebagai Preskom PT Sentul City. Karena, apa kata dunia, KPK sebagai lembaga hukum yang dipercaya rakyat dan pernah memenjarakan Swie Teng karena korupsi, kini (bekas) pimpinannya berbangga diri jadi karyawan orang yang pernah dipenjarakannya," Kata Adhie Massardi menutup pembicaraannya.

Persengketaan Rocky Gerung dengan Sentul City menjadi menjalar kemana-mana. Kalau tidak ada kasus Rocky Gerung dengan Sentul City mungkin kita tidak tahu mantan wakil ketua KPK, ternyata kini menduduki kursi empuk yaitu Presiden Komisaris PT Sentul City tbk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline