Lihat ke Halaman Asli

Fadhillah Piliang

Programer komputer yang suka menulis dari saat kuliah

Luar Biasa: Informasi Ini Bernilai 21 Miliar Lebih

Diperbarui: 4 September 2021   06:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menteri Agama (Instagram.com/gusyaqut)

Kementerian Agama menghabiskan anggaran sebesar Rp 21 miliar untuk kegiatan informasi pembatalan haji 2021 kepada masyarakat. Anggota DPR Komisi VIII dari fraksi Demokrat, Achmad menyoroti anggaran sebesar 21 miliar hanya untuk anggaran pembatalan haji tersebut.
"Kok kita pakai anggaran untuk menyampaikan ke masyarakat sampai Rp 21 M di zaman COVID ini, kenapa dana ini tidak kita efektifkan untuk bantu masyarakat kita, pondok kita, penyuluh agama, yang terdepan memberikan kebijakan terhadap keputusan menteri dan segala macam," kata Achmad geram. "Ini kan Rp 21 M, hanya untuk menyampaikan ke masyarakat batal haji, masyarakat juga sudah tahu batal penyelenggaraan ini, jadi menurut saya ini kita gugurkan saja," tambah Achmad.
Sementara itu menurut  Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan masih perlu dilakukan Program Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2021, walau akan memakan anggaran 21 miliar lebih.
Semua peserta haji dan masyarakat pasti sudah tahu kalau haji 2021 dibatalkan karena masih adanya Covid-19, tapi kita belum tahu kalau anggaran untuk pemberi tahunnya atau informasi pembatalan menelan anggaran sampai 21 miliar lebih.
Alangkah baiknya dana sebesar itu digunakan untuk masyarakat yang terkena imbas langsung Covid-19. Rakyat lapar, sedangkan Menteri Agama menghabiskan dana sebesar 21 miliar lebih hanya untuk sekedar pemberitahuan. Kalau seandainya anggaran 21 miliar lebih itu digunakan untuk membeli sembako, berapa rakyat yang sudah terbantu?
Kalau uang 21 miliar itu dibelikan cendol, jangankan minum cendol satu Kementerian agama bersama-sama, berenang di dalam cendol-pun bisa. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline