Lihat ke Halaman Asli

Fadhillah Hakim

Universitas Muhammadiyah Jakarta

2,2 Juta Keluhan Terkait Pelayanan Publik, Paling Banyak Diajukan oleh Generasi Milenial dan Gen Z

Diperbarui: 3 Januari 2024   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

liputan6.com

Selama tahun 2023, Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang diawasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berhasil mencatat 2,2 juta laporan dari masyarakat.

Herman, Plt Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, menyatakan bahwa hasil survei kepuasan pengguna menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 73,7 persen, dengan 84 persen pengguna berencana untuk terus menggunakan layanan tersebut.

Herman menekankan bahwa jumlah laporan yang signifikan mencerminkan tingginya partisipasi masyarakat dan menegaskan keberhasilan SP4N LAPOR! dalam menyediakan respon yang cepat dan terukur terhadap berbagai keluhan, termasuk ketertiban, keamanan, administrasi kependudukan, dan masalah kesehatan.

Yanuar Ahmad, Asdep Transformasi Digital Pelayanan Publik, menambahkan bahwa generasi milenial dan generasi Z, dengan rentang usia 17 hingga 35 tahun, mendominasi pengguna SP4N LAPOR!.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline