Lihat ke Halaman Asli

Info dari Saya

Sedang Belajar Menulis

Euro 2024: Aturan UEFA Untungkan Prancis, Georgia, dan Albania

Diperbarui: 23 Juni 2024   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Kolase foto instagram.com/euro2024

Laga terakhir fase grup Euro 2024 akan mempertemukan Prancis vs Polandia, Portugal vs Georgia, dan Spanyol vs Albania. Situasi di grup saat ini menunjukkan bahwa Polandia, Portugal, dan Spanyol sudah memastikan peringkat grup mereka. 

Aturan UEFA Pastikan Peringkat Klasemen Portugal, Spanyol dan Polandia Sebelum Laga Terakhir Fase Grup

Sumber : Kolase foto instagram.com/euro2024

Portugal dan Spanyol berada di puncak klasemen, sementara Polandia dipastikan berada di peringkat keempat. Hal ini terjadi karena aturan UEFA yang menyatakan jika poin antar dua negara sama, maka yang dilihat terlebih dahulu adalah head-to-head masing-masing, baru kemudian selisih gol.

Dengan posisi yang sudah aman, Portugal dan Spanyol tidak mungkin dikejar oleh tim lain. Portugal dengan 6 poin hanya bisa dikejar oleh Turki yang memiliki 3 poin. Situasi serupa terjadi pada Spanyol yang tidak dapat dikejar oleh Italia. 

Sementara itu, Polandia tidak bisa memperbaiki posisinya dari peringkat keempat, sehingga tidak bisa menyalip Austria yang berada di peringkat ketiga.

Aturan UEFA Beri Keuntungan Untuk Prancis, Georgia, dan Albania 

Karena sudah tidak ada beban di laga terakhir, ada kemungkinan Portugal, Spanyol, dan Polandia akan bermain tanpa tekanan. Ini bisa memberikan keuntungan bagi lawan mereka di laga terakhir. 

Georgia dan Albania saat ini memiliki 1 poin di peringkat ketiga grup masing-masing. Jika mereka berhasil menang, mereka bisa lolos dengan 4 poin, baik di peringkat kedua maupun ketiga.

Prancis saat ini berada di peringkat kedua dengan 4 poin. Mereka memiliki peluang untuk mengincar posisi pertama di grup jika memenangkan laga terakhir melawan Polandia. 

Dengan demikian, Prancis, Georgia, dan Albania memiliki motivasi tinggi untuk memanfaatkan situasi ini demi tiket ke babak 16 besar Euro 2024.

Keuntungan ini tercipta berkat aturan UEFA yang memprioritaskan head-to-head sebelum selisih gol. Dengan demikian, hasil pertandingan terakhir akan sangat menentukan nasib Prancis, Georgia, dan Albania di turnamen ini. 

Mereka harus memanfaatkan situasi ini sebaik mungkin untuk memastikan tempat mereka di babak selanjutnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline