Lihat ke Halaman Asli

Fadhilah Fithriah Ananda

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Apa yang Salah dari Pergi Sendirian?

Diperbarui: 3 Juli 2024   05:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Pergi kemana-mana sendiri mungkin terasa asing atau bahkan mengintimidasi bagi sebagian orang. Namun, pergi sendiri memiliki banyak manfaat yang sering kali terlewatkan lho! Kaya,
1. Kamu jadi lebih leluasa melakukan apa yang kamu mau
2. Bisa lebih mengenal diri sendiri
3. Menjadi waktu untuk me-refleksi diri

Ketika kamu pergi sendiri, kamu bebas membuat keputusan apapun tanpa perlu pusing mikirin keinginan atau kebutuhan orang lain. Hal ini memberi kesempatan untuk kamu lebih mengenal diri sendiri dan apa yang benar-benar kamu inginkan dari pengalaman tersebut.

Tentang rasa kesepian dan membosankan. Sebenarnya ini hanya masalah persepsi daripada kenyataan. Padahal, ini bisa jadi kesempatan untuk mengeksplorasi minat pribadi tanpa kompromi. Seorang yang pergi sendiri dapat menentukan rencana perjalanannya sendiri, menghabiskan waktu di tempat-tempat yang disukai, dan menikmati momen-momen refleksi tanpa gangguan. Kebebasan ini benar-benar memberi pengalaman yang lebih dalam dan bermakna, yang sering kali sulit didapatkan saat bepergian dalam kelompok.

Manfaat lain dari pergi sendiri adalah kesempatan untuk lebih terhubung dengan lingkungan sekitar dan orang-orang baru. Hal ini memaksa kamu untuk bisa ngobrol dengan orang baru. Dan moment tersebut bisa membuka peluang untuk mendapatkan perspektif baru dan memperluas pandangan terhadap dunia. 

Pada akhirnya, penting untuk diingat bahwa pergi sendiri bukan berarti kamu kesepian. Teknologi saat ini memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, meski kamu berada jauh dari mereka. Selain itu, banyak orang yang melakukan perjalanan solo menceritakan bahwa mereka justru merasa lebih terhubung dengan dunia di sekitar mereka. Jadi, kalau kamu pernah ragu untuk pergi kemana-mana sendiri, cobalah untuk melihatnya sebagai kesempatan untuk petualangan dan pertumbuhan pribadi. Siapa tahu, kamu mungkin menemukan sisi baru dari diri kamu yang selama ini terpendam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline