Lihat ke Halaman Asli

Fadhilah Aliyyah Widya

Mahasiswa Universitas Airlangga

Mahasiswa BBK 4 UNAIR Ajak Siswa MI Bahrul Ulum Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Diperbarui: 1 Agustus 2024   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi kegiatan

Kegiatan KKN tidak lepas dari pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut yang dilakukan oleh mahasiswa BBK 4 Unair kelompok 2 Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa mendatangi sekolah setempat untuk melakukan penyuluhan di bidang kesehatan. Sasaran mahasiswa adalah anak sekolah kelas 1-6 di MI Bahrul Ulum. 

Penyuluhan yang dilakukan bertepatan dengan kegiatan masa pengenalan siswa madrasah, maka dari itu, mahasiswa turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan melakukan pemberian materi kepada anak SD mengenai makanan sehat dan bergizi juga manfaatnya pada tumbuh kembang anak sembari bermain mengenai pengelompokan jenis makanan.

Kegiatan pemberian materi "Isi Piringku" kepada Anak SD ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2024. Harapan diadakannya penyuluhan ini, agar siswa MI Bahrul Ulum lebih memahami jenis makanan yang baik dan sehat bagi tubuh dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Antusiasme siswa MI Bahrul Ulum terlihat dalam semangatnya menyimak materi dan bermain games yang disampaikan oleh kakak-kakak mahasiswa, serta tertarik untuk makan makanan sehat dan bergizi dalam kehidupannya sehari-hari.

Dokumentasi kegiatan

Kegiatan selanjutnya, setelah penyuluhan makanan sehat, mahasiswa BBK 4 kelompok Pengalangan 2 kembali menyapa siswa MI Bahrul Ulum pada tanggal 22 Juli 2024. Kali ini, mahasiswa hanya berfokus pada 3 kelas saja, yakni kelas 1-3. Kegiatan kali ini tidak kalah penting dengan kegiatan sebelumnya, kakak-kakak mahasiswa tidak hanya menyampaikan materi saja, tapi juga bermain tentang materi yang telah disampaikan. Pada kegiatan ini, mahasiswa melakukan pemberian materi mengenai cara membuang sampah ke tempatnya agar sesuai dengan jenisnya sembari bermain mengenai cara memilah sampah berdasarkan jenisnya. 

Tujuan diadakannya penyuluhan ini adalah siswa MI Bahrul Ulum mampu menjaga lingkungan tempat tinggal, sekolah, dan sekitarnya tetap bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Pengenalan pengelompokkan jenis sampah organik, anorganik, dan B3 juga diberikan sejak dini agar siswa-siswi merasa familiar dan menyadari bahwa pemilahan sampah memberikan dampak bagi lingkungan. Kegiatan ini disambut hangat dan antusias oleh guru maupun siswa MI Bahrul Ulum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline