Lihat ke Halaman Asli

Fadhilah Muhammad Alfaroq99

Mahasiswa Universitas Jember

Mahasiswa KKN Unej Kelompok 14 Dampingi Pelaku Usaha Membuat Kerajinan dari Limbah Kayu

Diperbarui: 1 September 2021   10:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Unej Kelompok 14 Dampingi Pelaku Usaha Membuat Kerajinan dari Limbah Kayu/Dokumentasi pribadi

KKN back to village 3 (KKN BTV 3) merupakan sebuah program yang diadakan Universitas Jember (http://unej.ac.id ) sebagai wadah untuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat di masa pandemi covid -19. yang dilaksanakan mulai tanggal 11 agustus 2021 sampai 9 September 2021. Peserta KKN BTV 3 melaksanakan pengabdiannya secara mandiri (individu) dan dapat memilih lokasi KKN nya sendiri berdasarkan domisili (kampung halaman) masing -- masing dengan tetap menjalankan kaidah protocol kesehatan.

Seorang mahasiswi yakni Fadhilah Muhammad Alfaroq dari fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi  salah satu peserta KKN Back To Village 3 yang memilih  sasaran lokasi di Kabupaten Bondowoso, lebih tepatnya di desa Sumber Kalong, Kec. Wonosari, Kab. Bondowoso.  Fadhilah mengangkat topik Program pemberdayaan wirausaha masyarakat terdampak covid-19 dibawah bimbingan  dr. Yudha Nurdian, M. Kes. Sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL) dari kelompok 14.

Diketahui pada desa Sumber Kalong tersebut terdapat usaha kayu mebel, usaha  tersebut merupakan satu - satunya yang berada di sumber kalong. Sistem dari usaha kayu ini yakni sistem preorder dimana customer memesan terlebih dahulu barang yang diinginkan. Saat ini usaha mebel kayu tersebut hanya menerima pesanan pintu, kusen dan jendela. Dalam proses produksinya menyisakan potongan -- potongan kayu yang mana potongan kayu tersebut tidak terpakai sehingga menumpuk di gudang.

Dengan permasalahan tersebut Fadhilah Muhammad Alfaroq merencanakan program kerja KKN dengan memaksimalkan pemanfaatan sisa -- sisa potongan kayu yang ada digudang. Adapun bentuk pelaksanaan dari program kerja yang  telah ditentukan yakni membuat kerajinan dengan memanfaatkan kayu tak terpakai kemudian memasarkannya melalui media sosial seperti instagram dan marketplace seperti tokopedia.

Adanya rencana program kerja tersebut dengan harapan dapat membantu menambah penghasilan  usaha kayu serta mengembangkan penjualan kayu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline