Lihat ke Halaman Asli

Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Kejuruan

Diperbarui: 7 Desember 2023   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Kejuruan 

Devi Berlian Hapsari (23050634011)

Fadhila Rahadatul Rofida Priadi (23050634013)

Arimbi Breviaretta (23050634017)

Yolanda Dyah Ayu Pitaloka (23050634021)

Lira Rosalya (23050634024)

Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

1. PENDAHULUAN 

Pendidikan pada hakikatnya merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus ditingkatkan mutunya guna mencapai taraf hidup yang semakin maju dan sejahtera. Dengan pengertian yang lebih luas tersebut, undang-undang ini tidak hanya membatasi perhatiannya pada bidang pendidikan saja, namun juga memperhatikan unsur-unsur pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan kemanusiaan bangsa Indonesia, yang merupakan perwujudan bangsa Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yang Maha Kuasa dan menjunjung tinggi akhlak, akhlak kemanusiaan, dan cita-cita luhur umat yang tertuang dalam Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Nomor II/MPR/1978 tetap dipertahankan. Lebih lanjut, Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan adalah penciptaan lingkungan belajar dan proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mewujudkan kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, dan potensi budi pekerti.

Menetapkan bahwa itu adalah upaya sadar dan disengaja untuk , kecerdasan, akhlak mulia dan kemampuan yang dimiliki diri, masyarakat, bangsa, dan bangsa. Sebagaimana ditegaskan dalam Penjelasan Pasal 15 UU SISDIKNAS, Sekolah Tinggi Kejuruan sebagai salah satu jenis satuan pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang pada pokoknya mempersiapkan peserta didik untuk bekerja di bidang tersebut. Materi yang diajarkan di sekolah kejuruan disajikan dalam bentuk berbagai keterampilan yang dianggap penting dan diperlukan siswa untuk membentuk kehidupannya secara modern. Agar guru dapat bekerja sesuai harapan, diperlukan kepala sekolah yang profesional.

Oleh karena itu, kepala sekolah yang merupakan pemimpin organisasi hendaknya mempertimbangkan produktivitas kerja guru, karena tingkat produktivitas kerja guru dapat mempengaruhi tercapainya tujuan organisasi sekolah secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline