Lihat ke Halaman Asli

Titik Temu Klan Uchiha dan PKI

Diperbarui: 4 Oktober 2023   13:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dimanakah titik temunya? Tentu saja sama-sama dibantai dan adanya sosok yang berperan sebagai agen ganda. Meski begitu, pembantaian klan uchiha dan PKI adalah dua hal yang berbeda!. Uchiha dibabat habis demi mencegah perang saudara di desa konoha. 

Sementara PKI dibabat habis karena dua hal : pertama, imbas dari peristiwa pemberontakan Madiun (1948). Dan juga beberapa peristiwa kelam yang meresahkan umat Islam. Contohnya insiden di pesantren Gontor dan usulan pembubaran HMI.

Kedua, demi mencegah Indonesia menjadi basis negara komunis terbesar di Asia tenggara. Siapa yang amat berkepentingan atas penyebab nomer dua? Pastinya negara adidaya kala itu.

Beralih ke pembahasan agen ganda. Di intern Partai komunis, Sjam kamaruzzaman ditengarai agen ganda. Sementara di tubuh klan Uchiha, justru uchiha Itachi yang menjadi agen ganda.

Bedanya, itachi masih hidup pasca peristiwa pembantaian Klannya. Hingga akhirnya bergabung ke akatsuki. Sementara Sjam, dikatakan sudah dihukum mati pada 1986 di Kepulauan seribu. Tapi ada yang bilang Sjam masih hidup di luar negeri.

Hikmah yang patut diambil generasi masa kini adalah Konoha maupun Indonesia punya sisi gelap sejarah. Sebisa mungkin pembantaian sesama anak bangsa seperti itu jangan sampai terjadi lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline