Lihat ke Halaman Asli

Fachrur Rozi

Menyukai Traveling dan seorang Konseptor

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Ke - 11. Menjalin Komunikasi melalui Pendampingan untuk Menjadi Guru yang Berpihak pada Murid

Diperbarui: 6 Mei 2024   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Assalamualaikum teman - teman semua...!!! Apa kabarnya? Semoga dalam keadan baik semua ya...

Bahagia sekali saya Fachrur Rozi, CGP angkatan 9 dapat kembali berjumpa lagi rekan guru hebat semua, semoga sehat dan bahagia selalu. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke - 11 tentang Pendampingan Individu 5 dan Lokakarya 5.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

Fact (Peristiwa)

Saya mengikuti pendampingan individu ke-5 pada hari Kamis, 14 Maret 2024. Ada empat fokus pada pendampingan individu ke-5 ini, yakni pembahasan tentang aksi nyata 3.1. tentang pemetaan aset di sekolah, rancangan program yang berdampak bagi siswa, perkembangan komunitas praktisi, dan melakukan praktik coaching dalam rangkaian praktik supervisi akademik, yakni fokus coaching di bagian pasca-observasi. 

Sumber : Kegiatan Pendampingan Individu 5/dok. pri

Selanjutnya, pada hari Sabtu, 16 Maret 2024, saya bersama rekan-rekan CGP se-Kabupaten Kutai Timur mengikuti lokakarya ke-5 yang bertempat di SMA Negeri 2 Sangatta Utara. Agenda kegiatan dalam lokakarya ke-5 ini adalah:

a.Pembukaan dan persiapan kegiatan

b.Diskusi aksi nyata B (Buat Pertanyaan) dan A (Ambil Pelajaran)

c.Menyusun strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline