Lihat ke Halaman Asli

fachru Isyraqi

UIN SULTAN MAULANA HASSANUDIN BANTEN

Batik yang Cantik Identitas Negaraku

Diperbarui: 2 Oktober 2023   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

BATIK SEBAGAI IDENTITAS BANGSA YANG HARUS KITA JAGA BERSAMA

Penulis : M.Fachru Isyraqi.2023

Batik merupakan suatu  karya seni rupa 2 dimensi yang nyaman untuk di nikmati oleh indra pengelihatan. Berbagai macam media untuk membuat batik seperti kain, canting dan lilin malam, jenis lilin malam yang digunakan dalam proses membuat batik terbuat dari bahan gondorekum, lemak minyak kelapa serta lilin. walaupun perkembangan teknologi sudah maju dan pembuatan batik lebih mudah dengan teknologi zaman sekarang, hal ini tidak melepas kearifan pengrajin batik yang masih menggunakan media lama. Seperti Kota Pekalongan, salah satu kota yang dikenal dengan pengrajin batik menggunakan media lama, hampir Sebagian warga Pekalongan memproduksi batik di rumah-rumah. Namun kegiatan batik tertua berasal dari Kota Ponorogo dengan nama Wengker, kerajaan di Jawa Tengah belajar batik sebelum abad Ke-7.

Mengutip dari bola.com, batik merupakan mahakarya seni rupa  asli Indonesia, secara historis batik berasal dari suku Jawa, istilah batik berasal dari kosa kata Bahasa Jawa yaitu "Amba" dan "Titik". Amba berarti kain dan titik adalah cara memberi motif pada kain menggunakan lilin malam dengan cara dititik-titik. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, batik merupakan kain yang dilukis dari cairan yang berasal dari lilin malam dengan menggunakan alat bernama canting, sehingga menghasilkan motif pada media kain.

Sejarah batik sudah ada pada abad ke-14 zaman majapahit dan popular pada akhir abad ke-18. Pada mulanya batik dibuat hanya untuk pakaian raja dan orang pemerintahan pada masa itu,kesenian batik pun ditiru masyarakat jelata dan maka dari itu sejarah batik berkaitan dengan perkembangan kerajaan majapahit serta penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Sampai saat ini batik sudah memiliki beragam  jenis motif-motifnya seperti Batik Mega Mendung, Batik Sogan, Batik Tujuh Rupa, Batik Kartini, Batik Betawi, Batik Asmat dan masih banyak jenis-jenis batik lainnya yang berkembang  di Indonesia (Gramedia.com)

Kini batik telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009. UNESCO mencatat batik sebagai identitas bangsa Indonesia. pemerintah Indonesia menjadikan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional dan selalu diperingati seluruh masyarakat Indonesia.

Itulah penjelasan Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia, dari sini penulis mengajak seluruh masyarakat agar tetap menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang kita terdahulu dengan meggunakan batik, karena hal ini sangat-sangat terbilang Membanggakan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline