Lihat ke Halaman Asli

Fachreza Reyhan

Mahasiswa S1 UIN SAIZU PURWOKERTO

Upaya Pelestarian Budaya Situs Petilasan Batuagung, Mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto

Diperbarui: 3 Februari 2024   12:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kerja bakti bersih-bersih situs petilasan Batuagung oleh mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto (dok. pribadi)

Tegal- Pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto,Desa Batuagung,Kecamatan Balapulang,Kabupaten Tegal.Sebagai upaya pelestarian budaya,Mahasiswa KKN kelompok 38 gelar kerja bakti dengan membersihkan serta merevitalisasi situs budaya di Desa Batuagung.

Kasi Pemerintahan Desa Batuagung,Sukarno mengatakan,Kegiatan bersih-bersih ini bertujuan untuk menjaga dan merawat kebersihan lingkungan situs petilasan Batuagung.

"Situs Batuagung adalah simbol desa Batuagung,yang mana perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya sebagai wisata religi sehingga dapat dikenal dari kalangan luar desa, dan dapat menjadi saksi sejarah dari kisah-kisah terdahulunya".kata Sukarno,Kasi Pemerintahan desa Batuagung,Kamis (1/2/2024).

Sukarno menyatakan bahwa, dengan kolaborasi antara mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto  dan masyarakat diharapkan dapat merawat dan menjaga situs petilasan yang telah lama terabaikan agar senantiasa terjaga.

Mahasiswa yang antusias sangat memperlihatkan komitmen mereka dalam melestarikan kekayaan budaya daerah," ucap dia.

Selama kegiatan, mahasiswa KKN nampak antusias membersihkan dan merapikan area di sekitar situs petilasan. Mereka membersihkan sampah, memotong rumput,dan melakukan perbaikan sederhana pada fasilitas yang rusak.

"Bentuk perhatian dan partisipasi mahasiswa KKN dalam menjaga dan melestarikan situs petilasan di Batuagung. Kami berharap dengan adanya kerja bakti ini, situs petilasan Batuagung dapat menjadi lebih terawat," tuturnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline