Lihat ke Halaman Asli

KKN MBKM UM SURENLOR

Universitas Negeri Malang

Mahasiswa KKN MD UM Desa Surenlor Ajak Siswa SD Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

Diperbarui: 13 November 2022   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

TRENGGALEK -- Dalam rangka menanamkan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Membangun Desa Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Surenlor, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, selenggarakan program kerja Sosialisasi PHBS di tiga Sekolah Dasar yang ada di Desa Surenlor. Sasaran utama dari kegiatan Sosialisasi PHBS ini adalah siswa sekolah dasar (SD) kelas VI.

Dengan penyelenggaraan kegiatan di ketiga sekolah dasar di Desa Surenlor serta menggaet pihak Promosi Kesehatan Puskesmas Bendungan dalam persiapan kegiatannya diharapkan tujuan kegiatan ini dapat terealisasi dan memberikan kebermanfaatan ke depan untuk para anak-anak sekolah dasar (SD) di Desa Surenlor. Untuk mengetahui pelaksanaan program kerja ini, mari simak liputan berikut!

Materi dan pengemasan kegiatan Sosialisasi PHBS

"Materi yang kami berikan tentunya mengarah pada indikator PHBS di sekolah sesuai dengan pedoman dari Kemenkes RI seperti tata cara cuci tangan yang benar, jajan di kantin sekolah yang sehat, membuang sampah pada tempatnya, melakukan olahraga teratur, mengukur TB dan BB secara rutin, tidak ada asap rokok, memberantas jentik nyamuk, serta membuang air besar maupun kecil di jamban sehat," jelas Faaiq salah satu mahasiswa KKN MD UM Desa Surenlor.

dokpri

"Tak hanya sekadar pemberian materi saja, namun dalam pengemasan sosialisasi PHBS ini kami juga megajak para peserta untuk diskusi mengenai apa itu PHBS serta sharing tentang perilaku hidup bersih dan sehat yang selama ini mereka lakukan dalam kesehariannya. Dari sesi diskusi ini kami simpulkan, mereka sudah ada pegangan ilmu untuk berperilaku hidup bersih dan sehat namun hanya kurang dalam penerapan di kesehariannya saja," tambahnya.

Adakan pendampingan berperilaku hidup bersih dan sehat

"Kekurangannya ada pada penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di keseharian para siswa, oleh karena itu tak hanya sosialisasi saja tapi kami juga melakukan kegiatan pendampingan berupa follow up seperti waktu kita mengajar, setiap pergantian pelajaran kita bantu biasakan untuk mencuci tangan, kemudian membiasakan siswa jika bertemu genangan air pada botol di sekitar sekolah bisa membuangnya ke tempat sampah, membiasakan untuk jajan di kantin sekolah, dan membiasakan siswa hidup tanpa asap rokok," ungkap Fetrik Bayuardi, Koordinator KKN Membangun Desa di Desa Surenlor.

Harapan setelah kegiatan Sosialisasi PHBS

"Pepatah mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Kami berharap melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh teman-teman KKN Membangun Desa UM di Desa Surenlor ini, siswa dapat menjaga kebersihan dengan perilaku pola hidup bersih dan sehat agar dapat mencegah tertularnya berbagai macam penyakit. Ditambah lagi dengan kegiatan pendampingan PHBS yang dilakukan saat mereka mengajar, kami rasa hal itu dapat membantu perubahan karakter dan perilaku dari siswa untuk selalu menerapkan PHBS di kesehariannya," tutur Sulasdi, Kepala Sekolah SD 3 Surenlor.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline