Lihat ke Halaman Asli

Motivasi Berwirausaha di Kalangan Gen - Z

Diperbarui: 18 November 2024   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar sumber: https://www.shutterstock.com/id/image-photo/top-down-aerial-view-professional-business-2506054649

Motivasi berwirausaha ialah dorongan seseorang yang dapat melakukan kegiatan wiraswasta dalam mencapai tujuannya. Dan dalam berwirausaha gen-z harus memiliki niat yang besar untuk memulai sebuah usaha atau membuka bisnis sendiri tentu sangat membuat gen- z untuk bersemangat dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Dalam menjalankan sebuah bisnis yang tentunya bukan hal yang mudah dilakukan karena dalam memulai dan membuka usaha itu butuh kerja keras dan dapat banyak tantangan saat memulai bisnis tersebut maka para gen- z tidak boleh menyerah dalam membangun suatu apa yang kita ingin mulai. Dan gen-z harus dapat mengembangkan ide baru agar bisnis tersebut tetap berjalan dengan baik. Motivasi bukan hanya untuk perorangan dalam mencapai suatu tujuan pribadi ,tetapi bisa dapat berkontribusi dalam menciptakan pengurangan pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan di dalam masyarakat.

Dan berwirausaha itu suatu kegiatan yang di mana kita mengembangkan atau mengelola bisnis sendiri agar kita dapat mencapai keuntungan dan kita dapat memecahkan suatu masalah yang ada di masyarakat. wiraswasta dapat mencangkup berbagai aspek ,di mana kita dapat memulainya dari perencanaan bisnis terlebi dahulu dan masuk ke pengelolaan sumber daya ,strategi pemasaran, hingga inovasi produk atau layanan. Kita juga dapat menciptakan nilai yang melalui solusi baru dan dapat menyelesaikan masalah tertentu.Maka itu kita harus dapat tahu bagaimana cara menganalisi motivasi berwirausaha.

Untuk menganalisis motivasi berwirausaha, gen-z dapat menggunakan suatu pendekatan supaya dapat lebih memahami bagaiman para gen-z dapat berpikir dan bertindak dengan beberapa cara tertentu. Ada beberapa metode yang dapat membantu gen-z dalam menganalisis motivasi tersebut. yaitu teori motivasi hierarki kebutuhan maslow di mana manusia memiliki kebutuhan yang berjenjang ,di mana paling dasar terlebih dahulu yaitu ( fisiologis ,keamanan ,diterima orang lain, penghargaan, dan yang paling tinggi adalah aktualisasi diri). 

Cara memulai berwirausaha di kalangan Gen-Z

Berwirauzsaha di kalangan gen z sangat memiliki potensi yang begitu besar karena gen z ini cenderung kreatif ,tech-savvy dan banyak memiliki akses mudah ke informasi.berikut Langkah -langkah yang dapat diambil untuk melakukan berwirausaha di kalangn gen z yaitu:

-minat dan keahlian mencari tahu apa yang disukai dan dikuasi,seperti fashion ,memasak,desai grafis atau teknologi.

- riset pasar analisis kebutuhan pasar dan pesaing ,untuk memahami trend yang akan di kembangkan.

- ide bisnis untuk membuat suatu konsep bisnis yang begitu kreatif dan relevan degan trend saat ini menggunkan bisnis berbasis digital

-manfaatkan teknologi dapat anda menggunkan platform digital seperti (Instagram,shopee,tiktok,Tokopedia) atau dapat memnfaatkan alat gratis aplikasi desain seperti canva.

-mulai dengan modal kecil pilih model bisnis yang seperti droshipping ,reseller,atau jasa freelance

-branding yang kuat bangun indentitas bisnis melalui warna,logo,dan pesan yang begitu menarik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline