Lihat ke Halaman Asli

Ezra Wijaya

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

KKN-T MBKM 11 UPN "Veteran" Jawa Timur Melakukan Diskusi Terbuka dengan Pelaku UMKM Kelurahan Margorejo

Diperbarui: 24 Maret 2022   17:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen pribadi

Pada hari Kamis (23/03/2022) Kelompok 11 KKN-T MBKM sudah melakukan diskusi terbuka dengan salah satu pelaku UMKM yang bersangkutan di Kelurahan Margorejo, Ibu Maria pemilik UMKM Bumbu Bundo menjelaskan permasalahan-permasalahan apa yang sedang dialami.

UMKM Bumbu Bundo ini adalah UMKM yang menjual bumbu kering dengan varian rendang, sup, kare, dan lain-lain. Akan tetapi Beliau memiliki banyak permasalahan dalam menjalankan UMKM-nya seperti surat NPWP, kemasan, logo, pemasaran baik offline maupun online. Tentunya dengan adanya pandemi COVID-19 ini UMKM milik Ibu Maria juga terkena dampak dari segi pendapatan. 

Oleh karena itu, Kelompok 11 KKN-T MBKM ini siap membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada dengan adanya Program Kerja Kelompok 11 yang sudah disusun sedemikian rupa untuk membantu UMKM agar berkembang dari segala sisi. Mulai dari Legalitas, Branding, Marketing, dan lain-lain. 

Dan yang terpenting adalah UMKM Bumbu Bundo ini dapat bertahan dari adanya pandemi COVID-19 yang sedang berjalan ini, dan diharapkan Kelompok 11 dapat membantu meningkatkan pendapatan UMKM Ibu Maria ini dengan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan sewaktu kuliah selama 6 semester di UPN "Veteran" Jawa Timur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline