Lihat ke Halaman Asli

Aplikasi Material Eco Friendly pada Interior Gaya Industrial

Diperbarui: 20 Juni 2024   17:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seperti yang kita tahu akhir - akhir ini tren gaya desain interior merujuk pada penggunaan gaya yang minimalis dan menggunakan material ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan penggunaan gaya desain industrial yang menonjolkan sifat asli dan raw dari material yang dipakai. Gaya industrial merupakan gaya desain yang memanfaatkan sifat exposed dari suatu material dan cenderung memiliki gaya desain yang minimalis. Salah satu aspek yang penting dalam gaya desain industrial adalah material yang dipakai.

Apakah itu material eco friendly ?
Banyak dari kita masih awam dengan istilah eco friendly atau ramah lingkungan dalam konteks arsitektur atau material. Material eco friendly adalah material yang dapat digunakan kembali dengan proses recycling dan dalam proses memperoleh material tersebut kita tidak merusak alam. Sekarang juga marak istilah sustainable yang artinya bersifat bisa diperbaharui dan keberlanjutannya terjamin.

Jenis material eco friendly yang bisa dipakai di gaya industrial
1. Recycled Steel (Baja Daur Ulang)
Baja daur ulang adalah baja yang sudah pernah dipakai namun masih bisa didaur ulang dan menjadi batangan baja yang baru tanpa kehilangan sifat asli dan kualitasnya. Tahukah anda bahwa baja adalah salah satu material yang paling banyak di daur ulang di dunia ? Pemanfaatan baja daur ulang ini bisa digunakan sebagai struktur dalam bangunan dan memberikan kesan industrial yang kuat saat dipadukan dengan beton.

Baja daur ulang ini juga bisa dipakai sebagai material untuk tangga atau dekorasi pada dinding rumah anda. Baja akan memberikan kesan tegas dan kuat terhadap suasana rumah anda dan makin membuat gaya industrial pada ruang anda semakin kuat.

2. Reclaimed Wood (Kayu daur ulang)
Seiring perkembangan zaman dan teknologi, semakin banyak cara untuk mendaur ulang berbagai material seperti kayu. Kayu adalah material yang banyak dipakai dalam dunia interior ataupun konstruksi, mulai dari mebel, dinding, lantai, dan lainnya. Namun karena pemakaian dengan jumlah yang besar ini, kesehatan lingkungan kita juga terpengaruh seiring dengan banyaknya jumlah pohon yang harus ditebang untuk memenuhi kebutuhan kayu.

Kayu daur ulang adalah kayu yang sudah digunakan dan diolah kembali dengan tujuan bisa digunakan ulang sehingga tidak membutuhkan kayu baru dari hasil penebangan pohon. Melalui proses pembaharuan dengan teknologi yang modern, kayu daur ulang sudah lebih terjamin kualitasnya sehingga penggunaannya pun bisa lebih maksimal lagi. Material kayu daur ulang sangat cocok untuk tampilan industrial dimana kayu yang digunakan memiliki permukaan yang rough dan bertekstur sehingga memberikan kesan industrial yang kuat dan menyatu dengan ruangan anda. Material kayu daur ulang bisa didapatkan dari limbah sisa produksi atau kayu bekas furniture lama anda yang difungsikan kembali.

3. Plastik daur ulang (Terrazzo Daur Ulang)
Plastik banyak sekali digunakan dalam kehidupan manusia sehari -- hari, namun kita juga tahu bahwa proses daur ulang untuk plastik sangat sulit dan lama. Sekarang sudah banyak dan marak penggunaan plastik daur ulang menjadi produk yang cukup fungsional dan menarik. Bahkan terdapat perusahaan lokal yang sudah cukup terkenal dan banyak memproduksi furniture dengan memakai bahan dasar plastik bekas yang didaur ulang.

Bentuk plastik daur ulang ini adalah berupa papan plastic dengan motif terrazzo dan cocok untuk gaya desain industrial yang berciri khas terekspos dan kasar. Penampilan terrazzo dari plastik daur ulang ini sangat mirip dengan terrazzo asli berbahan dasar batu. Produk hasil daur ulang ini bisa dimanfaatkan menjadi meja atau kursi, atau dimanfaatkan menjadi furnitur lainnya sesuai dengan keinginan anda.


Melalui pemilihan material dan pemanfaatan material yang kita gunakan dalam desain atau ruangan kita bisa berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan kita. Karena itu kita juga harus mulai untuk memakai dan memilih material yang aman bagi lingkungan kita. Material daur ulang tidak sulit untuk kita pakai dan kita temukan sekarang sehingga tidak sulit untuk mengaplikasikan dan memakai material yang ramah lingkungan dalam ruangan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline