Lihat ke Halaman Asli

Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Ber-MSG

Diperbarui: 30 April 2016   00:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

MSG atau biasa disebut dengan Monosodium Glutamat pada makanan merupakan penyedap rasa berbagai masakan yang biasa tersaji lezat untuk kita konsumsi. Dan kabarnya makanan ber-MSG dapat menimbulkan masalah kesehatan. Lebih tepatnya adalah bukan menghindarinya secara total, melainkan mengurangi konsumsi jenis makanan yang menggunakan MSG sebagai penyedap rasa.

Memang ada berbagai efek samping yang seringkali mudah terasa saat anda terlalu banyak makan makanan yang ber-MSG misalnya kepala terasa begitu pusing, ada kemungkinan juga menjadi penyebab anda mengalami obesitas, mengalami penambahan jumlah berat badan yang berlebihan. Terlalu gemuk, juga mudah terserang jenis penyakit yang cukup berbahaya, untuk itu disarankan mempunyai tubuh yang ideal untuk tetap menjaga stabilitas tubuh.

Bukan melakukan program diet total, melainkan mengurangi asupan makanan yang ber-MSG yang sekarang masih terhitung sering dan bisa setiap hari. Usahakan, ganti makanan ber-MSG dengan masakan olahan sendiri, bumbu buatan sendiri dapat menjadi alternatif ketergantungan pada makanan yang menggunakan peneyedap rasa seperti MSG. Boleh saja tetap konsumsi makanan MSG, dengan kadar yang tidak berlebihan.

Kesimpulannya adalah, bukan menghindari secara keseluruhan makana ber-MSG, setiap orang tentu saja pernah makan masakan seperti itu. Melainkan mengurangi pola makan dengan MSG, dengan demikian dapat terhindar dari efek samping yang ditimbulkan dari MSG. apalagi yang sedang merasa kegemukan, sebaiknya makan masakan olahan sendiri itu lebih baik, sekian




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline