Lihat ke Halaman Asli

Eko Raharjo

Belajar menulis

Beberapa Penyebab Harga Barang di Mall Lebih Tinggi

Diperbarui: 14 Agustus 2017   14:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixabay.com

Beberapa ulasan dan pendapat mengapa booming toko online saat ini cukup marak. Kaitan dengan viralnya tulisan bulan lalu (Mall atau Plaza Mulai Ditinggal Pengunjung, Salah Siapa?), salah satunya karena sensasi harga barang yang ditawarkan serta kemudahan dalam berbelanja online saat ini, berikut ini saya coba cari -cari referensi kenapa harga barang online lebih murah, dengan sudut pandang kenapa harga di toko offline lebih mahal (beberapa), serta penggambaran supply  chain mengenai proses toko ritel (Mall/Plaza). 

beberapa pengaruh biaya yang dikeluarkan oleh pemilik toko yang kemungkinan mempengaruhi harga diantaranya : 

Biaya Sewa Toko

Pastilah ini biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik toko, untuk membuka toko memerlukan biaya yang tidak sedikit, rata-rata biaya sewa di Mall Indonesia sudah mencapai puluhan juta per tahunnya, sehingga mau tidak mau. Suka tidak suka maka hal ini menjadi modal yang pasti keluar bagi pengusaha untuk membuka toko offline di Mall atau di Pasar.

Sehingga kemungkinan akan mempengaruhi harga barang yang dijual tentunya, meskipun tidak item -- per item namun secara keseluruhan akan mempengaruhi keuntungan pengusaha toko.

Biaya Sewa Karwayan

Perlu karyawan untuk menjaga toko, mungkin besaran toko mempengaruhi jumlah karyawan. Biaya karyawan juga tidak murah , ditambah lagi performance tiap karyawan toko absurd untuk diukur. Karyawan toko ini menjadi cost bulanan bagi pemiliki toko belum lagi jika ada hari besar mau tidak mau menambah cost upah untuk sekedar member bonus atau lainnya.

Biaya Sewa Gudang / Ekspedisi

Biaya sewa gudang/ property dalam toko (manekin, Etalase ) juga menjadi pertimbangan pengusaha yang membuka toko offline. Biaya penyimpanan property termasuk menyewa system gudang menjadi tantangan tersendiri bagi toko offline. Biaya -- biaya itu secara tidak langsung membebani pengusaha toko untuk pintar mbersiasat menyimpan stok agar dapat menekan harga jual disamping meningkatkan keuntungan.

Biaya Iklan

Mungkin hal ini hanya brand besar yang melakukan, biaya iklan di Indonesia lumayan mahal dan digolongkan berdasarkan media yang digunakan. Alih-alih memasang iklan untuk promosi namun tidak banyak yang tahu efektifitas promosi sendiri karena cukup sulit mengukur konsumen pasca pembelian suatu barang.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline