Peranan buku sangat penting bagi gerasi muda yang ingin cerdas. Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan. Buku juga merupakan sarana utama bagi proses pembelajaran dan sarana penyampaian informasi.
Sejak usia dini, anak -- anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Pemerintah mempersiapkan generasi muda yang cerdas. Untuk itu, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata. Tujuan utamanya adalah membangun budaya membaca sejak dini.
Dukungan pemerintah tidak hanya pada pembaca. Pemerintah menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis -- jenis buku yang di terbitkan. Jenis -- jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku.
Dari jenis-jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi Pemasaran buku bisa dipetakan menjadi dua model yaitu Strategi Pemasaran online dan offline.