Lihat ke Halaman Asli

Teknologi Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia

Diperbarui: 25 Juli 2022   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Virus Covid-19 muncul di Indonesia pada bulan Maret 2020, penyebarannya sangat cepat. Berbagai kebijakan dilakukan pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut membawa dampak bagi seluruh sektor di Indonesia. Covid- 19 juga mengharuskan seluruh masyarakat di Indonesia menjaga jarak hingga membatasi seluruh aktivitas yang dilakukan di luar rumah sehingga mengakibatkan  segala aktivitas masyarakat harus dilakukan secara online atau daring. Menurut World Economic Forum, teknologi memainkan peranan sangat penting untuk masyarakat bisa beraktivitas seperti semula. Adanya pandemi ini,masyarakat yang tadinya buta teknologi kini harus berdampingan dengan teknologi karna hampir segala aktivitas dilakukan secara online sehingga masyarakat harus sadar akan pentingnya teknologi.

Di masa pandemi ini,teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam membantu masyarakat beraktivitas. Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khlaid mengatakan bahwa tanpa adanya teknologi masyarakat tidak dapat melakukan aktivitas saat pandemi. Bupati Lombok Barat juga mengatakan bahwa masyarakat harus bisa menggunakan teknologi. Teknologi juga membantu pekerjaan manusia agar lebih cepat dan efisien. Teknologi juga dibutuhkan di segala sektor yang ada di Indonesia di masa pandemi ini seperti sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Munculnya pandemi covid-19 membuat teknologi sangat dibutuhkan di sektor pendidikan, karena adanya larangan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, mengharuskan sekolah melaksanakan pembelajaran secara daring atau online yang saat ini disebut sebagai e-learning. E-learning dapat dilakukan melalui aplikasi zoom dan google meet yang membantu siswa dan guru dalam melakukan pembelajaran. Layaknya pembelajaran tatap muka, e-learning dilakukan dengan via video call. E-learning juga dapat dibantu dengan aplikasi google classroom, dimana guru dapat membagikan pelajaran dan siswa dapat membuat tugas tanpa harus hadir ke kelas. Tetapi, masih ditemukan kendala dari e-learning seperti, kurangnya fasilitas yang mendukung pembelajaran hingga kurangnya penguasaan tentang teknologi dari siswa dan guru.

 Pada sektor kesehatan, teknologi juga dibutuhkan. Jika tidak disaat pandemi, pasien biasanya langsung berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit. Tetapi, setelah adanya pandemi, pasien dibantu melalui teknologi untuk berkonsultasi dengan dokter secara online. Salah satunya, seperti aplikasi HaloDoc yang dapat membantu pasien berkonsultasi dengan dokter. Aplikasi HaloDoc juga dapat membantu pasien dalam membeli obat dan pemesanan home service laboratorium. Namun, adanya kekurangan pada aplikasi HaloDoc yaitu terbatasnya waktu berkonsultasi.

Teknologi juga dibutuhkan di sektor perekonomian, karena akibat dari pandemi covid19 membuat para pelaku usaha mengalami kesulitan dalam mempertahankan usahanya, karena dibataskannya segala aktivitas. Membuat para pelaku usaha harus memikirkan upaya agar usahanya tetap bertahan di masa pandemi covid-19. Dengan dibantu teknologi para pelaku usaha dapat melakukan penjualan produk secara online melalui e-commerce. Sehingga para pelaku usaha dapat bertransaksi dengan pembeli tanpa harus bertatap muka. Belanja melalui e-commerce juga membantu pemerintah dalam hal mencegah penularan covid-19, karena masyarakat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah. Aplikasi yang sering digunakan masyarakat disaat masa pandemi covid-19 yaitu Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak. Dimana aplikasi tersebut membantu masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhan seperti pakaian, bahan dapur, sembako, elektronik, dan lainlain. Tetapi, adanya kekurangan pada e-commerce seperti barang yang tidak sesuai dengan realita, informasi terhadap promo yang diadakan, efektivitas pencarian, keamanan pada data diri pengguna hingga tingkat crasheror pada aplikasi.

Dari informasi tentang pentingnya teknologi diatas, diharapkan masyarakat dapat mampu menguasai pemahaman tentang penggunaan teknologi. Karena pada saat pandemi covid-19, teknologi mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa perlu keluar rumah sehingga dapat mengurangi penularan virus covid-19. Sehingga secara tidak sadar, masyarakat akan terus berdampingan dengan teknologi. Walaupun masih adanya kekurangan dalam penggunaan teknologi, masyarakat tetap harus dituntut untuk menguasai teknologi. 

 

 

 

 

Jakarta,07 Juli 2021




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline