Lihat ke Halaman Asli

Kecanduan Gim, Gangguan Mental, dan Desain Psikologi Perilaku

Diperbarui: 8 Juli 2018   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Sumber: geeky-gadgets.com

Belum ada jembatan penghubung bagi orangtua untuk memahami perilaku anaknya dalam bermain gim. Padahal, kunci untuk mengubah perilaku adalah  memahami perilaku itu sendiri.

Maka, tulisan ini saya dedikasikan terutama untuk Ayah-Bunda yang begitu ketir dan khawatir dengan fenomena kecanduan gim.

***

Gaming disorder resmi menerima rekognisi dalam nomenklatur klasifikasi penyakit dan kondisi kesehatan internasional ICD-11 oleh WHO pada Juni 2018.

WHO mengklasifikasikan kecanduan gim baik daring maupun luring dalam kelompok gangguan akibat perilaku adiktif.

Gaming disorder, diolah dari tangkap layar. Sumber: icd.who.int.

Siap-siap, tulisan ini manfaatnya kurang optimal jika dibaca sambil terburu-buru.

Saya sarankan, ambil kopi, teh, atau susu dulu sebelum membaca tulisan ini.

Teh susu juga boleh.

***

Gim Didesain Menggunakan Psikologi Perilaku
Gim  adalah industri raksasa yang didesain berdasar perhitungan dan riset. Terjatuhnya sebagian pemain gim ke dalam kondisi kecanduan berkaitan dengan adanya behavioural game design, yaitu proses pembuatan gim di balik layar yang melibatkan psikologi perilaku.

Teknik ini digunakan untuk mengundang pemain agar terus kembali dan betah dengan alam permainan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline