Lihat ke Halaman Asli

PenaYonda

Penulis dan guru jalanan

Happy International Women Day

Diperbarui: 8 Maret 2023   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: tangkapan layar dari google.com

Happy International Women's Day

Semua orang layak mengucapkan selamat hari wanita sedunia(Happy International Women's Day) karena semua orang dilahirkan dari rahim seorang wanita.

By.Evis Yoman

Setiap tahun pada bulan april tangal 8 merayakan hari wanita sedunia. Pada tahun 2023 ini komunitas internasional menetapkan tema: "inovasi dan teknolgi untuk keserataan gender berbasis digital" (innovation and technology for gender equality, according to DigitALL.)

Kata wanita mengandung makna jamak atau lebih dari satu indivindu sebagai kaum wanita, jadi kata wanita lebih mengambarkan kumpulan atau komunitas perempuan dewasa.   perempuan dewasa dapat dilihat dari sikap kewanitaan, perilaku dalam seluruh aspek kehidupan, cara berpikir, karir dan usia.

Hari ini, semua orang dengan sadar mengucapkan dan merayakan  hari wanita sedunia sebagai wujud menghormati dan mengagungkan kontribusi  wanita  untuk masyarakat, ekonomi,budaya dan politik serta pendidikan. Selain itu menyoroti perjuangan kesetaraan gender yang berkelanjutan.

Pikiran pokok dari tema tahun ini adalah wanita memiliki kesempatan dan hak yang sama di semua bidang kehidupan dengan fokus berbasis digital. Ini artinya kesempatan untuk merenungkan kemajuan yang dicapai dan menuju kesetaraan gender dalam memanfaatkan teknologi. Tema ini juga menantang kaum wanita untuk berpikir komputasi dalam karir atau bidang yang ditekuni.

Selain mengucapkan dan merayakan  hari wanita sedunia kaum pria harus menyediakan kesempatan dengar cara mendukun  untuk wanita berkarya secara berkelanjutan. Pada konteks budaya penganut sistem sosial(partriarki)  dapat dipastikan menjadi unsur pertama yang menghambat dan memperlambat kemajuan kaum wanita. Karena itu pemahaman tentang partriarki dan feminisme perlu dibicarakan dengan inovasi dan teknologi dalam bentuk tulisan, visual dan audio.

Selain itu mengadakan diskusi di honai, komunitas,organisasi, lembaga secara konsisten dan berkelanjutan agar mencapai titik temu pandangan partriarki dan feminisme menjadi cocok atau seimbang lalu dikontrol secara bersama sebagai sikap salaing menghargai perbedaan jender. Mencocokan perbedaan gender dan menyatu dalam sikap menghargai sesama merupakan pencapaian tertinggi dalam kesetaraan gender.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline