Lihat ke Halaman Asli

Evi Rahmadani

Mahasiswa Universitas Pamulang

Penanggulangan yang Dilakukan Pemerintah di Kala Pandemi Covid-19

Diperbarui: 19 Desember 2021   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Virus corona sudah satu tahun berada di Indonesia. Masa-masa pandemic tersebut banyak mengubah gaya hidup manusia, bukan hanya di Negara Indonesia namun di seluruh dunia. Bukan hanya gaya hidup manusia saja yang terkena dampak virus tersebut, tapi juga semua sektor yang ada di Indonesia. Sektor kesehatan, sektor ekonomi, sektor keagamaan, sektor pendidikan, dan beberapa sektor lainnya pun ikut terkena dampak dari virus korona. 

Adapun penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi di Indonesia akan terus diusahakan di akselerasi dengan memanfaatkan hasil riset dan inovasi termasuk riset social. Peran stakeholder tentunya diperlukan agar mendorong Indonesia untuk dapat keluar dari kondisi pandemi dan berhasil melakukan pemulihan ekonomi dengan lebih cepat. 

Senada dengan Menko Airlangga wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan dan alumni Universitas Nasional Suryono Efendi mengatakan "keberadaan akademisi dan peneliti tentu sangat dibutuhkan di masa pandemi saat ini, hasil kajian dan penelitian yang ilmiah secara mendalam tentang covid-19 bisa dijadikan referensi dan pertimbangan bagi masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul akibat pandemi covid-19". 

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dan menanggulangi akibat dari covid tersebut, di sektor kesehatan sendiri pemerintah telah berupaya melakukan pelaksanaan tracing, testing, dan treatment (3T), penyediaan oksigen, juga menyelenggarakan vaksinasi di seluruh pelosok Indonesia. 

Lalu di sektor perekonomian, pemerintah telah melakukan upaya guna membantu masyarakat yang kesulitan akibat pandemi. Karena akibat dari pandemi ini banyak sekali para pekerja yang terpaksa di berhentikan dari pekerjaan nya (PHK) secara paksa. 

Akibatnya, banyak terjadi kasus-kasus yang melanggar aturan/norma-norma yang ada. Untuk mengurangi kejahatan akibat pandemi ini, pemerintah melakukan penyaluran bantuan social (bansos) kepada seluruh masyarakat.

 Di beberapa sektor lainnya pun pemerintah Indonesia melakukan upaya penanggulangan terdampak pandemi ini, diantaranya dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk meminimalisir dampak pandemi. 

Penurunan kasus positif dalam beberapa minggu terakhir menjadi pencapaian yang baik dalam penanganan pandemi di Indonesia. Hal ini dapat tercapai karena pemerintah belajar dari pengalaman penanganan covid-19 sejak awal masa pandemi. 

Agar penanganan covid-19 berjalan semakin efektif, maka pemerintah meluaskan pengendalian dengan menyerahkan otoritas penanganan kepada setiap daerah atau desentralisasi. Dan setiap daerah selanjutnya berkewajiban melaporkan perkembangan terbaru kepada pemerintah pusat melalaui rapat kordinasi. 

Dan dari berbagai upaya yang dilakukan pemerintah itu, saat ini kasus secara nasional mengalami pelandain. Hal ini menunjukkan adanya kondisi perubahan ke arah yang lebih baik, yaitu ada kecenderungan penularan penyakit yang menurun. 

Kesimpulannya, pandemi yang saat ini tengah berlangsung sangat berdampak bagi kehidupan di seluruh negeri. Mulai dari kehidupan masyarakat hingga perekonomian Negara. Ditambah dengan adanya virus baru yang saat ini memasuki Indonesia, dikatakan bahwa penyebarannya lebih cepat daripada virus covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline