Lihat ke Halaman Asli

Artis Saja Peduli, Warga Asing Saja Peduli, Kenapa Kita Tidak Mau Mencoba untuk Peduli?

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13337612461617404641

[caption id="attachment_173200" align="alignnone" width="277" caption="fhoto bersama nadine , seorang underwater model dan juga aktif dalam menjaga kelestarian alam bawah laut :D"][/caption] Bermula dari semangat muda yang selalu ingin pergi mencari hal baru kemanapun itu asalkan di dukung waktu dan keuangan. Menjadi mahasiswa sungguh tidak gampang dalam merencanakan  sebuah perjalanan atau vacation. Hal pertama adalah menggangu waktu kuliah , praktikum dll. Yang kedua adalah keuangan mendukung apakah tidak terhadap kita untuk melakukan sebuah perjalanan entah itu study trip, ataupun just for fun vacation.

Berawal dari terselanggaranya acara deep and extreme 2012 di Jakarta convention center. Dimana sebuah acara pameran yang menampilkan olahraga-olahraga kedalaman dan olahrga extreme semacam diving, hiking, caving dll. Saya dan teman-teman yang notabene sedang menggeluti dunia selam memutuskan untuk berangkat ke Jakarta guna mengahdiri acara tersebut .tentunya selain having fun kita mencari apa yang belum kita dapatkan disana. Memperbanyak kenalan sesama penyelam, memperluas networking, mencari rekan kerjasama baik dari pemerintahan maupun swasta.

Banyak yang saya dan teman-teman dapatkan selama 2 hari hidup di ibu kota Jakarta. Dimana seluruh penyelam dari berbagai penjuru Indonesia berkumpul di satu tempat. Baik dari kalangan mahasiswa, pejabat, jurnalistik, dinas-dinas pemerintahan dari seluruh Indonesia yang saling berlomba-lomba mempromosikan daerahnya maisng-masing untuk di kunjungi, bahkan dari kalangan artis sekalipun berkumpul dalam satu wadah.

Saya melihat sisi lain dari acara tesesbut. Dari segala sudut pandang yang tedapat di acara tersebut saya dapat melihat bahwa Indonesia ini masih sangat memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah di banding Negara-negara lain di dunia. Baik itu keindahan darat maupun keindahan laut. Kami semua disana memiliki satu tujuan yaitu bersama-sama melestarikan kekayaan alam yang Negara ini miliki di sisilain kita menikmati alam yang terhampar luas di Negara ini.

Laut yang luas dengan sebaran kekayaan lautnya seperti terumbu karang yang merupakan habitat ikan hidup dan mencari makan, gunung yang berjejer tempat hewan-hewan langka bertahan hidup. Semua itu akan musnah kalo menangkap ikan amsih menggunakan bom, ataupun penggundulan hutan akibat ilegalloging oleh orang-orang yang tidak mau bertanggung jawab.

Kita bisa melihat para mahasiswa, aparat pemerintah, warga sipil, bahkan sempat saya melihat beberapa warga asing yang ikut peduli, bahkan kalangan artis sekalipun masih banyak yang mau peduli dengan kekayaan yang di miliki oleh Negara kita ini . so, kapan kita mau seperti itu? Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan dan melestarikan kekayaan alam di Negara ini dengan segala cara, salahsatunya lewat hobi yang bsia kita salurkan, entah itu diving, climbing, caving, hiking, dll J .

Evi Nurul Ihsan

- mahasiswa semester 4 Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang.

- Anggota angkatan 18 MARINE DIVING CLUB Kelautan Undip.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline