Lihat ke Halaman Asli

Evi Novia Pahlawati

Guru TK (honorer)

Ice Breaking Untuk Menumbuhkan Sikap Menghargai Diri dan Orang lain

Diperbarui: 3 Oktober 2024   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Karakter yang kuat akan membawa sebuah generasi mampu melewati tantangan di setiap masa. Kita dulu mempunyai pengalaman bagaimana orang tua maupun guru membimbing dan menstimulasi kita kala itu dengan berbagai cara .Diantara dengan dongeng ,nasihat bahkan dengan permainan tradisional dengan cara membiarkan kita untuk menikmatinya.

Bagi seorang guru diera sekarang ada kekhawatiran mengenai karakter anak didik, terutama sikap menghargai diri dan orang lain, kekhawatiran timbul karena melihat bagaimana pergaulan anak yang lebih memilih bermain dengan Hp daripada ikut bermain atau berbincang baik dengan orang tua maupun teman.

Untuk itu seyogianya guru memikirkan bagaimana menstimulasi anak agar mempunyai sikap menghargai diri dan orang lain . Sikap ini sebagai bekal sosial anak dilingkungan manapun sehingga dia akan mampu berinteraksi dengan baik dimanapun dan kepada siapapun. Ada berbagai macam  cara menumbuhkannya selain dengan nasihat bisa juga dengan game atau ice breaking disela-sela kegiatan pembelajaran.

Contoh ice breaking yang pernah saya lakukan dengan sasaran layanan anak didik tingkat SMA yaitu dengan ice breaking "aku dan kamu luar biasa". Berikut tahapan kegiatannya :

Kegiatan awal 

A.Pembimbing menyapa Siswa Dengan Salam dan kalimat yang semangat
b. Pembimbing Menyampaikan Tujuan Kegiatan

B.Kegiatan inti

1. Semua siswa diminta Untuk duduk melingkar dan pembimbing ikut duduk diantara siswa (dalam lingkaran )
2. Pembimbing meminta siswa untuk menyebutkan hobi masing-masing dengan lantang satu persatu
3.Pembimbing meminta siswa untuk mengingat hobi dari teman-temannya
Pembimbing memulai memberi contoh kalimat menyebutkan hobi sendiri dan kawan sebelahkanan dengan tambahan kalimat "aku keren deangan hobiku. . . ( Menyebutkan hobi sendiri ).dan kamu keren dengan hobimu . . . .( Menyebutkan hobi kawan yang ada disebelah kanan sambil menepuk bahunya) Dan diteruskan oleh semua siswa secara estapet
4.Setelah selesai pembimbing memberi apresiasi terhadap siswa dengan hobi mereka yang beragam

C.Kegiatan penutup

Pembimbing memberikan pertanyaan pemantik

1.Apa saja yang kalian lakukan tadi ?
2.Bagaimana Perasaan kalian setelah melakukan kegiatan tadi?
3.Hal apa yang membuat kalian senang dari permainan tadi Apakah kalian sudah mengenal Hobi semua teman kalian ?
4.Adakah kawan yang mempunyai hobi yang sama?
5.Coba sebutkan hobi kawan kalian yang menurut kalian menarik?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline