Lihat ke Halaman Asli

Evin

Writer

Bagan 16 Besar Euro demi Merebut Dua Lembar Tiket di Partai Final

Diperbarui: 27 Juni 2024   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Fotmob App

Euro 2024 telah menyelesaikan fase grup. Dimana 16 tim yang telah memastikan lolos ke fase round 16 mulai memasuki babak-babak akhir.

Georgia secara mengejutkan berhasil lolos ke fase gugur, setelah di match terakhir grup F berhasil menaklukan tim unggulan Portugal dengan skor 2-0. Tim Selecao yang banyak merotasi pemainnya pun sebenarnya masih mampu menguasai pertandingan dengan ball possession hingga mencapai 72 persen.

Akan tetapi, serangan Georgia lebih efektif setelah pemain sayap Napoli Kvara berhasil menceploskan bola ke gawang Portugal yang dikawal Diogo Costa di awal-awal babak pertama. Setelah itu, gol penalti dari Mikautadze di babak kedua berhasil mengunci kemenangan Georgia tadi malam.

Hasil ini membuat mereka lolos ke 16 besar dengan status satu dari empat tim peringkat tiga terbaik. Hasil ini juga mengubur mimpi Hungaria, karena hanya berada di posisi lima pada best 3rd placed teams.

16 negara telah memastikan lolos. Bagan skema pun telah tersusun hingga laga final. Di jalur ini, akan terjadi bentrokan negara-negara kuat yang berada pada satu bagan.

Contohnya, Spanyol dan Jerman akan bertemu di perempat final apabila mereka mengalahkan lawan-lawannya di fase round 16. Pemenangnya pun belum bisa bernapas lega karena lawan kuat lainnya masih menanti.

Karena Portugal, Prancis dan Belgia berada pada jalur yang sama dengan Jerman dan Spanyol untuk merebut satu tiket ke partai final.

Namun, di bagan sebelah bukan berarti ringan. Karena disana juga akan ada tim kuat lainnya seperti Belanda, Inggris dan Italia.

Belanda mesti berhati-hati. Jika mereka berhasil melewati hadangan Rumania, maka tim orange akan ditunggu oleh pemenang antara Austria dan Turki.

Khususnya Austria, karena tim asuhan Ronald Koeman itu pernah kalah sekali lawan tim merah putih merah dengan skor 3-2 di laga terakhir grup D. Bahkan mereka lolos berstatus juara grup, walau disana ada tim Belanda dan Prancis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline