Lihat ke Halaman Asli

P5 PPRA menjadi P5RA, Apakah Beda??

Diperbarui: 11 Agustus 2024   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Madrasah adalah institusi pendidikan yang tidak hanya berfokus pada pengembangan akademis siswa, tetapi juga bertanggung jawab dalam membentuk karakter dan perilaku mereka sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan agama. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin di lingkungan madrasah. Program bukan sekadar konsep, tetapi sebuah gerakan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Islam Rahmatan Lil Alamin kepada para siswa.

Pada Juli tahun 2024, terjadi perubahan istilah yang awalnya P5 PPRA menjadi P5RA. Perubahan istilah tersebut merupakan respon terhadap miskonsepsi lembaga pendidikan yang beranggapan bahwa P5 dan PPRA adalah dua proyek berbeda yang harus diimplementasikan secara terpisah. Padahal, keduanya merupakan satu kesatuan dalam satu proyek yang melibatkan penanaman karakter dimensi dari profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin khususnya di madrasah. Melalui KMA 450, pendekatan pembelajaran lebih ditekankan pada kolaborasi antar mata pelajaran (ko-kurikuler), berbeda dengan KMA 347 tahun 2022, bahwa proyek dapat diintegrasikan melalui intrakurikuler maupun pengembangan minat melalui ekstrakurikuler. Selain itu, alokasi waktu untuk proyek penguatan profil pelajar, yang sebelumnya memakan 20-30% dari total jam pelajaran, kini termaktub dalam struktur kurikulum.

Mengapa implementasi P5RA begitu penting di madrasah? Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia serta nilai-nilai Islam yang universal. Nilai-nilai yang dikembangkan dalam mewujudkan profil pelajar pancasila adalah Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong-royong, Mandiri, Berpikir Kritis, dan Kreatif. Sedangkan nilai-nilai dalam mewujudkan profil pelajar Rahmatan lil alamin adalah ta'addub, qudwah, muwaanah, tawassu, tawzun, I'tidl, muswah, syra, tasmuh, tathawwur wa ibtikr. Dengan nilai-nilai tersebut, diharapkan siswa menjadi generasi yang siap sebagai bagian dari warga dunia yang berakhlak mulia dan berkontribusi positif bagi masyarakat global.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline